SOLOPOS.COM - Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik (tengah) didampingi Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hassan (kedua kanan), Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat EE Mangindaan (kedua kiri), Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin (kiri), dan Ketua Satgas Caleg Partai Demokrat Suaedy Marassabesy (kanan) memaparkan susunan Komite Konvensi Partai Demokrat, di Jakarta, Minggu (11/8/2013). (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

Solopos.copm, JAKARTA — Partai Demokrat mengumumkan 17 personel komite konvensi yang akan memilih calon presiden partai berlambang bintang tiga sudut itu. Sekretaris Majelis Tinggi Jero Wacik yang mengumumkan susunan personalia itu menegaskan bahwa pengumuman ke-17 nama itu menunjukkan keseriusan partainya menggelar konvensi calon presiden.

Sebagai tanda keseriusan pula, Jero Wacik dalam jumpa pers, Minggu (11/8/2013) malam, tampak didampingi sejumlah petinggi Partai Demokrat, namun tak termasuk Susilo Bambang Yudhoyono yang kini Presiden Republik Indonesia. Tampak setia mendampingi Jero Wacik sepanjang pengumuman itu Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hasan, Ketua Dewan Pembina EE Mangindaan, Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin dan Ketua Satgas Penjaringan Caleg Partai Demokrat Suaedi Marasabessy.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Demi menunjukkan keseriusan pelaksanaan konvensi itu juga, Jero mengaku pihaknya telah mengundang 11 nama untuk mengikuti pemilihan calon presiden Partai Demokrat tersebut. “Kami menghubungi satu-satu, [sesuai] kode etik enggak boleh sebut [nama] dulu, 11 sudah. Beliau-beliau menyatakan serius untuk ikut, nanti komitenya akan menghubungi lebih detail, nanti pembicaraan lebih lanjut,” ungkapnya seusai konferensi pers di Jakarta, Minggu malam itu.

Menurut dia, sejumlah tokoh yang diundang tersebut dari berbagai kalangan, termasuk menteri dan politikus di luar Partai Demokrat. Namun demikian ia belum bisa membeberkan nama-nama tersebut demi mematuhi kode etik.

Ia menambahkan, sampai sejauh ini, tidak ada kuota berapa jumlah kandidat yang akan ikut serta dalam konvensi tersebut. “Tidak ada angka maksimal tapi kami tidak membayangkan banyak-banyak, nanti pusing rakyat milih, karena tidak ada gugur, ya sekitar sepuluh-sebelas,” katanya.

Ia menambahkan, dalam konvensi ini tidak ada penyisihan, kecuali mengundurkan diri. Calon presiden terpilih akan ditentukan di antara sejumlah nama melalui dua kali survei dari tiga lembaga survei independen. “Lima-an tidak ada veto,” kata Jero.

Suaidi Marasabessy selaku sekretaris komite konvensi itu juga menimpali kemungkinan menteri yang turut serta dalam konvensi calon presiden Partai Demokrat tersebut akan diminta mengundurkan diri dari jabatannya jika dinilai meganggu kinerja kementeriannya.Hanya saja, ia mengimbuhkan sejauh ini Partai Demokrat punya pengalaman menteri yang aktif berpolitik tak terganggu kinerjanya.

“Ya dilihat kalau terganggu kinerjanya, kita lihat, tidak tertutup kemungkinan kami minta mundur. Tapi kami lihat Pak Syarif dan Jero sebagai menteri tidak terganggu meski aktif di partai,” katanya seusai konferensi pers di Jakarta, Minggu (11/8/2013) malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya