SOLOPOS.COM - Juru bicara Komite Konvensi Partai Demokrat Hinca Panjaitan (kiri) didampingi anggota Komite Konvesi Partai Demokrat Didi Irawadi (kanan) memberikan keterangan pers seusai rapat Tim Konvensi Kandidat Capres Partai Demokrat di Jakarta, Senin (19/8/2013). Rapat keempat Tim Konvensi Partai Demokrat itu telah menggodok nama-nama capres untuk maju dalam konvensi. (JIBI/Solopos/Antara/Reno Esnir)

Solopos.com, JAKARTA — Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Selasa (20/8/2013) malam, menggelar rapat verifikasi kesediaan dan kesiapan calon peserta konvensi di Jakarta. Nama-nama yang dibahas dalam verifikasi peserta konvensi itu tetap tidak diungkapkan secara transparan.

“Setelah proses ini selesai maka komite konvensi akan mendiskusikan kelayakan bakal calon peserta,” ungkap Rully Charis, salah seorang anggota Komite Konvensi.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Diskusi kelayakan bakal calon peserta itu, katanya, dilakukan berdasarkan rekam jejak, kepemimpinan, kapabilitas, karakter, atau faktor kekhususan lain. “Jika dianggap layak maka mereka yang dinyatakan lolos akan dikirimi undangan untuk perkenalan sekaligus penjelasan Konvensi Capres Partai Demokrat,” katanya.

Ia memperkirakan proses penetapan calon presiden yang akan diundang untuk perkenalan itu akan selesai Rabu (21/8/2013) malam dan undangan akan dikirim Kamis-Jumat (22-23/8/2013) mendatang. Acara perkenalan dan penjelasan dari Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, katanya akan dimulai pada 26-30 Agustus 2013. Selanjutnya pada 31 Agustus 2013 akan ditetapkan secara internal calon peserta konvensi dan akan diperkenalkan secara resmi ke publik pada 15 September 2013.

Ia menambahkan penjaringan nama calon peserta konvensi yang dilakukan Majelis Tinggi Partai Demokrat sebelum komite terbentuk berjumlah 11 nama. Sedangkan proses penjaringan yang dilakukan oleh komite, sebelumnya terdapat 15 nama bakal calon peserta. “Seluruh nama sedang digodok malam ini hingga besok untuk dijadikan short list berdasarkan kriteria yang sudah disebutkan,” katanya.

Proses pemilihannya diupayakan musyawarah dan mufakat namun jika musyawarah dan mufakat tidak diperoleh maka opsi voting (pemungutan suara) akan diambil oleh komite konvensi. Ia belum bersedia menyebutkan secara rinci nama-nama bakal calon peserta konvensi yang sedang diverifikasi itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya