SOLOPOS.COM - Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik (tengah) didampingi Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hassan (kedua kanan), Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat EE Mangindaan (kedua kiri), Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin (kiri), dan Ketua Satgas Caleg Partai Demokrat Suaedy Marassabesy (kanan) memaparkan susunan Komite Konvensi Partai Demokrat, di Jakarta, Minggu (11/8/2013). (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

Solopos.com, JAKARTA — Partai Demokrat, Minggu (11/8/2013) malam, mengumumkan 17 nama komite konvensi yang akan menyelenggarakan konvensi calon presiden Partai Demokrat. Komite konvensi itu terdiri atas 10 orang dari kalangan independen dan tujuh dari kader Partai Demokrat.

Nama-nama tersebut diumumkan oleh Sekretaris Majelis Tinggi Jero Wacik,  dengan didampingi Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hasan, Ketua Dewan Pembina EE Mangindaan, Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin dan Ketua Satgas Penjaringan Caleg Partai Demokrat Suaedi Marasabessy. Ke-17 nama tersebut, menurut Jero wacik, ditetapkan melalui Keputusan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat No. 19/2013 tentang Pembentukan Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Komite konvensi diketuai oleh mantan Menteri Agama Maftuh Basyuni, wakil ketua dijabat mantan Ketua KPK Taufikurrahman Ruki. Sementara itu Suaidi Marasabessy menjadi sekretaris komite serta Andi Timo Pangerang sebagai bendahara komite. Anggota lain adalah Soegeng Sarjadi, Margiono, TP Rachmat, Effendy Gazali, Christianto Wibisono, Indrawaty Sukadis, Didi Irawadi Syamsuddin, Hinca Panjaitan, Wisnu Wardhana, Putu Suasta, Humprey R Djemat, Charis Rully dan Vera Febyanthy.

Menurut Jero, dipilihnya Maftuh Basyuni sebagai ketua komite karena dinilai kredibel dan netral. “Maftuh Basyuni, bekas menteri agama dianggap netral, negarawan, kredibel, bijak, kami harapkan beliau bisa menjalankan komite degan baik dengan jujur,” katanya.

Ia menambahkan struktur organisasi komite konvensi yang lebih teknis dan rinci dibuat oleh ketua komite dengan mempertimbangkan saran anggota. Komite konvensi, sambungnya, wajib berpegang teguh pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat dan tata tertib yang dibentuk majelis tinggi partai.

Jero menegaskan bahwa komite konvensi yang akan dilaksanakan oleh Partai Demokrat serius dan tidaklah main-main. “Saya juga diminta menjelaskan konvensi Partai Demokrat ini serius,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya