SOLOPOS.COM - Habib Bahar bin Smith. (Suara.com)

Solopos.com, JAKARTA – Sosok Habib Bahar bin Smith kerap menjadi sorotan karena sederet kontroversi yang dilakukan. Belum lama ini dia menjadi pusat perhatian akibat videonya berendam santai di jacuzzi viral di media sosial.

Seperti diketahui, dia baru saja bebas dari Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, 21 November 2021. Kini dia kembali berurusan dengan polisi setelah dilaporkan atas tuduhan ujaran kebencian.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Selasa (21/12/2021), berikut deretan kontroversi Bahar bin Smith:

Baca juga: Biodata Habib Bahar bin Smith, Ulama Pendiri Majelis Pembela Rasulullah

Hina Presiden Jokowi

Habib Bahar bin Smith sempat menuai kontroversi akibat menghina Presiden Jokowi dalam sebuah ceramahnya pada acara penutupan Maulid Arba’in di Gedung Ba’alawi, Palembang, Sumatera Selatan pada 8 Januari 2018.

Selain itu, Bahar bin Smith juga turut menghina Presiden Jokowi saat ceramah di Batu Ceper, Tangerang, Banten pada 17 November 2018. Dalam ceramah itu dia menyebut Jokowi sebagai banci dan dan menyerukan orang-orang untuk membuka celananya.

“Kamu kalau ketemu Jokowi, kalau ketemu Jokowi, kamu buka celananya jangan-jangan haid Jokowi itu, kayaknya banci itu,” ucap Bahar, seperti dikutip dari Okezone.

Ia kemudian ditetapkan sebagai tersangka dengan jeratan pasal Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan Informasi dan Transaksi Elektronik dengan tercancam pidana maksimal 5 tahun penjara.

Baca juga: Viral Video Diduga Bahar bin Smith Santai di Jacuzzi, Warganet Heboh

Kampanye Ganti Presiden

Bahar bin Smith juga sempat menyerukan 2019 ganti presiden. Dia menilai Jokowi adalah presiden pendusta, pembohong, dan kacung partai. “Presiden yang hidup senang, hidup kenyang, di saat rakyat susah, di saat rakyat kelaparan, di saat rakyat kelaparan,” ucap Bahar.

Jotos Ryan Jombang

Pria asal Manado, Sulawesi Utara, itu sempat berselisih dengan narapidana kasus pembunuhan, Ryan Jombang. Permasalahan tersebut bermula dari Bahar bin Smith berutang sejumlah Rp10 juta kepada Ryan Jombang.

Sempat terjadi adu mulut antar keduanya hingga perselisihan tidak dapat dihindarkan. Ryan Jombang sempat mengalami lebam hingga muntah darah setelah mendapatkan pukulan dari Bahar bin Smith. Namun perselisihan tersebut berujung dengan perdamaian.

Baca juga: Santai, Begini Respons Bahar bin Smith saat Dilaporkan Lagi ke Polisi

Semprot Jenderal Dudung

Kontroversi terbaru dari Bahar bin Smith adalah menyindir KSAD Jenderal Dudung Abdurachman melalui sebuah video yang tersebar di media sosial. Dalam video tersebut, Bahar bin Smith mempertanyakan bantuannya terhadap erupsi Gunung Semeru. Selain itu Bahar bin Smith juga tidak terima terhadap pendapat Jenderal Dudung yang menjadikan OPM sebagai saudara.

Akibat kasus terakhir ini, pendiri Pondok Pesantren Tajjul Alawiyin sekaligus murid Habib Rizieq Shihab itu pun kembali ditangkap polisi. Namun dia mengaku sudah terbiasa dengan hal tersebut. Habib Bahar mengaku sudah terbiasa dilaporkan mulai dari era kepemimpinan presiden SBY hingga sekarang.

“Saya sudah biasa dilaporkan Bang Refly, dari zaman SBY sampai sekarang, jangankan satu dua laporan, seribu laporan pun tetap bakal saya hadapi sebagai warga negara yang taat hukum,” ujar Habib Bahar dalam pesan tertulis pada Refly Harun, dikutip Suara.com, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Habib Bahar Sebut Bui Itu Penjara Kecil, Ini Maksudnya

Berendam di Jacuzzi

Video memperlihatkan pria diduga Bahar bin Smith akrab disapa habib Bahar bin Smith sedang duduk santai di jacuzzi viral di media sosial.

Video viral itu diunggah akun instagram Denny Siregar pada akun @dennysirregar. Tampak dalam video tersebut ruangan berdinding kayu. Dalam ruangan terdapat jacuzzi.

Bahar bin Smith duduk di jacuzzi dan menikmati pelayanan dari seorang lelaki berambut cepak. Lelaki yang melayani Bahar bin Smith mengenakan pakaian serba hitam.

Unggahan Denny Siregar menyoroti gaya hidup Bahar bin Smith. “Hasil jualan agama itu ternyata enak juga ya… Nyesel dulu sekolah kelamaan,” tulis Denny Siregar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya