SOLOPOS.COM - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin (kiri) menghadiri sidang etik Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/12/2015). Maroef Sjamsoeddin menjadi saksi dalam sidang etik MKD DPR terkait rekaman pertemuannya dengan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha M. Riza Chalid, terutama adanya dugaan permintaan saham kepada PT Freeport Indonesia. (JIBI/Solopos/Antara/M Agung Rajasa)

Kontrak Freeport Indonesia belum jelas perpanjangannya. Di tengah proses itu, Presdir Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin mundur.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin mengundurkan diri dari jabatannya. Dalam memo yang disampaikan kepada seluruh karyawan Freeport Indonesia, Senin (18/1/2016), dirinya mengungkapkan telah mengajukan permohonan pengunduran diri tersebut kepada pimpinan Freeport McMoRan sebagai perusahaan induk.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Dengan berakhirnya masa kontrak kerja saya selama setahun sebagai karyawan pada posisi jabatan yang dipercayakan sebagai Presiden Direktur [Presdir] PT Freeport Indonesia dan tawaran perpanjangan dari Pimpinan Freeport McMoRan, saya telah berkirim surat pengajuan pengunduran diri sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia,” tulisnya.

Juru bicara Freeport Indonesia, Riza Pratama, membenarkan memo mengenai pengunduran diri Maroef tersebut. Dia juga mengungkapkan pengunduran diri tersebut terhitung sejak memo tersebut disampaikan. Baca juga: Big Bos Freeport, James Moffet, Mundur!

Adapun mengenai calon pengganti Maroef dan waktu penunjukkannya, Riza enggan berkomentar banyak. Dia juga tidak mengungkapkan siapa pejabat sementara yang menggantikan selama posisi tersebut kosong. “Kita tunggu saja,” katanya saat dihubungi Bisnis/JIBI. Baca juga: Dilapori Tawaran “Papa Minta Saham”, Big Bos Freeport McMoran Berang.

Pengunduran pimpinan di tubuh Freeport dan anak perusahaannya ini merupakan yang kedua kalinya dalam kurun waktu kurang dari sebulan terakhir. Sebelumnya, Chairman Freeport McMoRan James Moffet atau Jim Bob juga mengundurkan diri dari jabatannya pada akhir Desember 2015. Baca juga: Amien Rais: Goodbye James Moffet!

Meskipun mundur sebagai chairman, Jim Bob tetap akan tetap berkontribusi kepada perusahaan tersebut sebagai konsultan dewan, sekaligus memberikan saran dalam renegosiasi kontrak, termasuk isu perpanjangan operasi, dengan pemerintah Indonesia. Seperti diketahui, Freeport Indonesia saat ini tengah berada dalam proses renegosiasi Kontrak Karya (KK) dengan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya