SOLOPOS.COM - Ilustrasi penanganan virus corona (Covid-19). (Freepik)

Solopos.com, KULONPROGO -- Sebanyak 13 warga Kulonprogo harus menjalani isolasi mandiri setelah diketahui melakukan kontak dengan pedagang ikan yang positif Covid-19 asal Purworejo. Pasien itu merupakan pedagang ikan asal Desa Jogoboyo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, yang biasa memasok barang dagangannya ke Kulonprogo.

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Dinas Kesehatan Kulonprogo, Baning Rahayujati. Menurutnya, ke-13 orang itu masing-masing dari Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, sebanyak 11 orang; dan 2 warga Kalurahan Banaran, Kapanewon Galur.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Penyerang Novel Baswedan Dituntut Ringan, Istana: Bukan Salah Jokowi

"Berdasarkan tracing oleh Puskesmas Temon 2 bersama gugus tugas Kalurahan Jangkaran. Ada 11 orang yang dalam beberapa waktu sebelum sakit melakukan kontak dengan pasien [ pedagang ikan Purworejo positif Covid-19 ] tersebut," ujar Baning, Jumat (12/6/2020).

"Sementara gugus tugas Kalurahan Banaran juga melaporkan terdapat dua orang yang melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif tersebut karena mendapat kiriman ikan oleh pasien," imbuhnya.

Wapres: Jangan Pusing dengan Istilah Pemerintah Soal Covid-19!

Baning mengatakan ke-13 orang itu sudah diminta untuk melakukan isolasi mandiri dan pada Sabtu (13/6/2020) dijadwalkan menjalani rapid test. Kontak dengan pedagang ikan yang positif asal Purworejo itu membuat mereka berisiko terpapar Covid-19.

"Kalau reaktif maka akan langsung dilakukan tes swab," ujarnya.

Kasus Baru Covid-19 di Pasar-Pasar Terus Bermunculan

Baning mengimbau masyarakat yang mengetahui atau merasa kontak erat dengan pedagang positif Covid-19 dari Purworejo tersebut segera melapor. Mereka diminta melapor kepada gugus tugas desa atau puskesmas terdekat agar segera menjalani rapid test.

Kabar di Whatsapp

Kabar pedagang ikan asal Purworejo yang positif Covid-19 itu sebelumnya sudah menyebar di grub-grub WhatsApp warga Kulonprogo, Jumat pagi. Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kulonprogo, kemudian mengonfirmasi kepada Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Purworejo.

5 Hari, Tambah 10 Kasus Baru Positif Covid-19 di Grobogan

Hasilnya kabar itu memang benar adanya, sehingga langsung dilakukan tracing dan mendapati ada 13 warga Kulonprogo yang pernah kontak erat dengan pasien tersebut.

"Untuk pasien positif berdasarkan Kabid P2P Dinkes Purworejo, sudah menjalani isolasi mandiri di rumah," ucapnya.

Jaksa Anggap Penyerang Tak Sengaja, Novel Baswedan: Perlu Diajari Mahasiswa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya