SOLOPOS.COM - Ilustrasi Listrik (JIBI/dok)

Konsumsi listrik di Soloraya pada Natal turun 14 persen.

Solopos.com, SOLO—Konsumsi listrik di Soloraya turun sekitar 14% saat libur Natal dan tahun baru 2016. Hal itu karena banyaknya perusahaan besar yang tidak beroperasi saat libur panjang akhir tahun ini.

Promosi BRI dan Microsoft Eksplorasi AI demi Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Manager Area Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Surakarta, Purwadi, mengatakan konsumsi energi listrik di Soloraya biasanya mencapai 650 Mega Watt (MW) hingga 675 MW per hari. “Namun, saat libur Natal konsumsi listrik hanya mencapai 575 -580 MW,” jelasnya saat dihubungi wartawan, Sabtu (26/12/2015).

Menurutnya, turunnya penggunaan listrik disebabkan banyaknya pabrik yang libur saat momen libur nasional. Dia tidak memungkiri konsumsi listrik terbesar digunakan sektor industri.

“Pemakaian listrik memang ada penurunan karena penggunaan konsumsi listrik terbesar adalah dari sektor industri, sehingga meski ada perayaan hari besar konsumsinya justru relatif turun,” urainya.

Pada sektor rumah tangga, penginapan, maupun hotel terjadi lonjakan penggunaan listrik dibandingkan biasa. Namun demikian, konsumsi tersebut tidak sebanding dengan penggunaan listrik sektor industri pada hari biasanya.

Sementara, menjelang tahun baru PLN berupaya untuk menyiagakan petugas di lapangan. Hal itu sebagai langkah siaga saat momen penting perayaan hari besar umat Kristiani dan libur panjang tahun baru.

Dia memprediksi sampai akhir tahun penggunaan listrik akan relatif sama seperti saat libur Natal. Hingga saat ini, petugas PLN dibekali dengan trafo cadangan saat beroperasi di lapangan. Hal itu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

PLN juga rutin berkoordinasi dengan jajaran SKPD Pemkot Solo. “Petugas di lapangan kami bekali dengan trafo cadangan, sehingga saat terjadi kerusakan bisa langsung diganti tanpa menunggu lama. Sekarang kami sedang terus siaga, apalagi Presiden Joko Widodo juga pulang kampung,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya