SOLOPOS.COM - Kolaborasi paduan suara Sekolah Kristen Satya Wacana dan Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU) mewarnai kemeriahan di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Kamis (2/5/2024) malam.(Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Kolaborasi paduan suara Sekolah Kristen Satya Wacana dan Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU) mewarnai kemeriahan di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Kamis (2/5/2024) malam.

Bertajuk Pre-Competition Concert, Road to 11th Sapta Gita Choral Festival, 18 lagu sukses dibawakan disambut riuh tepuk tangan setiap lagu selesai dinyanyikan.

Seraphim Teenager Choir dari SMP Kristen Satya Wacana mengawali rangkaian penampilan. Dalam balutan kostum serba hitam yang elegan, lagu Desaku, Exultate, dan Kuimba dibawakan dengan merdu. Tidak kalah, penampilan oleh paduan suara SMA Kristen Satya Wacana Mellifluous Youth Choir memanjakan telinga dan mata penonton dengan penampilan If Ye Love Me, Bird’s of Paradise, dan Ain’t No Grave Can Hold My Body Down dalam kostum adat yang menawan.

Gegap gempita tepuk tangan kian bergemuruh menyambut penampilan Voice of SWCU. Tidak hanya unjuk suara, paduan suara mahasiswa UKSW ini memamerkan tarian yang elok, kompak, dan ekspresif dalam rangkaian penampilan lagu daerah Soleram, Tari Kembang Soka, dan Bungong Jeumpa. Perpaduan sempurna suara tenor dan bass oleh Male Choir Voice of SWCU dalam Baba Yetu from Civilization juga berhasil memukau ratusan penonton.

Tak ketinggalan penampilan oleh para penyanyi perempuan dalam paduan suara Lentera Kasih. Koreografi yang anggun, suara yang merdu diiringi instrumen pop jazz kian menambah kemeriahan acara.

Persiapan Bersama

Ketua panitia Pre-Competition Concert sekaligus anggota Voice of SWCU, Ezra Gerry Yohanes Lewu, S.Pd., menyampaikan bahwa konser merupakan ajang persiapan bagi Seraphim Teenager Choir, Mellifluous Youth Choir, dan Voice of SWCU untuk mengikuti kompetisi di 11th Sapta Gita Choral Festival.

“Saat berkompetisi nanti, kita sama-sama akan membawa bendera Satya Wacana. Jadi tepat sekali kalau konser ini diadakan sebagai bentuk persiapan bersama. Khususnya untuk SMP Kristen Satya Wacana, ini adalah kompetisi pertama mereka sehingga bisa menjadi momen yang berharga,” ujarnya yang juga adalah guru di SMP Kristen Satya Wacana dan mahasiswa S2 Fakultas Interdisiplin UKSW.

Disampaikan juga bahwa 11th Sapta Gita Choral Festival diselenggarakan oleh Universitas Semarang dan berlangsung pada 15 sampai 17 Mei 2024. Kategori yang diikuti meliputi teenager, mixed youth, pop and jazz, mixed dewasa, folklore, dan religion.

“Hampir semua lagu yang kami bawakan di konser ini akan kami bawakan juga di kompetisi besok,” ujar Ezra dalam keterangan tertulis.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (RIK) Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., dalam sambutannya mengungkapkan dukungannya atas persiapan seluruh tim paduan suara lewat Pre-Competition Concert.

“Konser ini merupakan kolaborasi yang luar biasa dari SMP Kristen Satya Wacana, SMA Kristen Satya Wacana, dan Voice of SWCU. Selain untuk persiapan Sapta Gita Choral Festival, konser juga menjadi ajang tolak ukur diri dalam penampilan di atas panggung,” imbuhnya.

Konser musik kolaborasi ini juga diapresiasi oleh salah satu penonton, Niluh Sri Indaryani. Orang tua dari salah satu penyanyi di Seraphim Teenager Choir ini mengaku bangga dan terkesima dengan penampilan seluruh tim paduan suara. Ia berharap kegiatan kolaborasi penampilan musik dapat berlanjut dan mampu menjaring lebih banyak talenta di bidang musik dan tarik suara.

Selain mempersiapkan kompetisi Sapta Gita Choral Festival, Voice of SWCU juga akan kembali berkompetisi di ajang internasional yaitu Tokyo International Choir and Competition pada 24 sampai 29 Juli 2024 mendatang.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya