SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

JAKARTA – Pasar tablet broadband mobile diperkirakan terus memanas hingga pada 5 tahun mendatang tumbuh 150 juta pelanggan data baru.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Strategy Analytics Mobile Broadband Opportunities melaporkan pada akhir 2017 pelanggan tablet di dunia akan mencapai 172 juta. “Kurang dari 13% basis tablet global akan memiliki layanan brodband mobile pada 2012 dan masih berpusat di Amerika Serikat. AT&T dan Verizon Wireless melihat tablet memainkan peran kunci dalam menambah pelanggan pada kuartal II tahun ini,” kata Director Mobile Broadband Opportunities Strategy Analytics Susan Welsh de Grimaldo seperti dikutip dari situs www.strategyanalytics.com.

Menurutnya, pendapatan layanan dari tablet akan menjadi sumber pertumbuhan penting bagi operator mobile. Pendapatan layanan tablet global diprediksi mencapai US$15 miliar pada 2017. Rencana penyebaran data pelbagai perangkat dan LTE 4G adalah kunci pendorong bagi tumbuhnya jumlah pelanggan tablet.

LTE secara cepat menjadi akses teknologi pilihan. Perkiraan, hampir 68% dari pelanggan tablet broadband mobile di akhir 2017 menggunakan teknologi LTE. Rata-rata lalu lintas data per pelanggan akan tumbuh banyak sekali karena penggunaan layanan intensif video meningkat. Trafik data mobile dari tablet akan meningkat lebih dari 2,7 juta Terrabyte pada 2017, menggambarkan laju pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) 2012-2017 sebesar 80,4%.

Sementara Amerika Serikat mempertahankan posisi kepemimpinannya sebagai negara dengan pelanggan tablet broadband mobile terbanyak, pasar China datang di urutan kedua dan menunjukkan ekspansi pesat. Guang Yang, Senior Analyst Wireless Operator Strategies merekomendasikan meski menggambarkan persentase kecil dari total pendapatan layanan, peluang tablet yakni pertumbuhan pasar. Operator mobile China tidak boleh mengabaikan peluang ini bila mereka menargetkan pertumbuhan pendapatan data dan pangsa pasar konsumer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya