SOLOPOS.COM - PRAKTIS--Penjaga stan mengoperasikan komputer all in 1 PC di pameran komputer National IT Expo (NIX'11) di Diamond Convention Center Solo, Kamis (2/6). (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Solo (Solopos.com) – Meski merupakan produk lama, komputer desktop ternyata masih digandrungi dan bersaing ketat dengan laptop. Produk tersebut diwakili oleh jenis all in one PC.

PRAKTIS--Penjaga stan mengoperasikan komputer all in 1 PC di pameran komputer National IT Expo (NIX '11) di Diamond Convention Center Solo, Kamis (2/6). (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

All in one PC adalah komputer desktop yang tidak lagi menggunakan peranti CPU tersendiri, karena peranti tersebut menyatu dengan monitornya. Dua merk terkemuka, yakni HP dan Dell, telah merilis produk ini lebih dari dua tahun silam.

“Keluar pertama kali sudah sejak dua tahun atau bahkan hampir tiga tahun lalu. Tapi baru mulai disukai belakangan ini. Banyak yang suka karena praktis, tidak makan banyak tempat, tidak banyak kabel-kabel,” jelas pengusaha komputer dari Toko Hpcom, Harsono Paulus, saat ditemui di sela-sela National IT Expo (NIX) 2011, di Diamond Solo Convention Center, Kamis (2/6).

Mengenai harga, untuk produk all in one PC Dell, harga ditetapkan sekitar Rp 5 juta untuk layar 19 inci. Sedangkan untuk layar 23 inci, harga dibanderol Rp 7,3 juta. All in one PC memiliki spesifikasi seperti PC pada umumnya, yakni prosesor dual core, hard disk 320 Gb, memori 2 GB, bluetooth, WiFi, dan mouse nirkabel. Produk ini dilengkapi sistem operasi Windows XP.

Harsono menambahkan, seperti layaknya desktop, all in one PC juga dilengkapi ruang untuk CD ROM. Sehingga pengguna bisa mengambil data dari DVD/VCD. Menurut Harsono, all in one PC sangat cocok bagi pengguna yang menginginkan desktop yang hemat tempat.

Sementara untuk penanganan kerusakan, all in one PC diperlakukan seperti laptop, produk langsung dikirim ke agen resmi merek bersangkutan. “Kalau PC, kami boleh mengotak-atik. Tapi kalau ini tidak, kami tidak boleh membuka sendiri. Seperti laptop, kalau ada permasalahan kirim langsung ke agen. Ini memungkinkan karena bentuk seperti ini mudah dijinjing,” pungkas dia.

tsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya