SOLOPOS.COM - Grafis kasus Brigadir J

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI mengatakan menunggu hasil autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J.

Seperti diketahui, petugas terkait melakukan ekshumasi untuk autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J pada Rabu (27/7/2022).

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Kami percaya penjelasan ketua tim yang melakukan autopsi di Jambi dan melibatkan berbagai profesor dari berbagai universitas. Kami tunggu itu saja,” kata Komisioner Komnas HAM RI, Mohammad Choirul Anam, di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Anam menyarankan hal-hal yang menyangkut kedokteran forensik ditanyakan langsung kepada pihak yang berwenang atau ahli di bidang tersebut. Apalagi, kata dia, terdapat beberapa dokter dari berbagai universitas yang terlibat pada proses autopsi ulang jenazah Brigadir J.

Di sisi lain, terkait pemeriksaan Ajudan dan Asisten Rumah Tangga (ART) Kadiv Propam Polri nonaktif, Irjen Polisi Ferdy Sambo pada Senin (1/8/2022), Anam mengatakan tim Komnas HAM menggali semua hal yang berkaitan dengan pihak-pihak dalam konstruksi peristiwa tersebut.

Baca Juga : Di Mana Ferdy Sambo Saat Brigadir J Tewas Ditembak?

Ia mengatakan terdapat fakta baru yang didapatkan Komnas HAM, khususnya yang terjadi saat rombongan Irjen Polisi Ferdy Sambo termasuk Brigadir J berada di Magelang, Jawa Tengah.

Komnas HAM, ujarnya, juga diperlihatkan sejumlah dokumen foto. Sayangnya, tidak bisa ditampilkan kepada awak media massa.

Selain itu, dari hasil pemeriksaan Ajudan dan ART Irjen Polisi Ferdy Sambo, Komnas HAM memperoleh dokumen yang memperkuat keterangan atau rentetan soal waktu.

Kendati demikian, Anam memastikan berbagai dokumen yang diperoleh Komnas HAM tersebut akan mengecek validitas terkait keabsahan. “Ini penting bagi kami untuk melapis berbagai bukti, dokumen, dan keterangan yang sudah kami dapat.”

Baca Juga : 8 Kejanggalan Tewasnya Brigadir J Ajudan Ferdy Sambo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya