News
Senin, 13 November 2023 - 13:15 WIB

Komisi I DPR Setujui Pencalonan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Newswire  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - KSAD Jenderal Agus Subiyanto memberikan keterangan kepada pewarta seusai disetujui sebagai calon Panglima TNI oleh DPR. (Istimewa/Tangkapan Layar KompasTV)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi I DPR secara resmi menyepakati KSAD Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono.

Kesepakatan diambil usai uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPR, Senayan, Senin (13/11). Nama Agus disepakati oleh semua fraksi.

Advertisement

“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI,” kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, dilansir Antara.

Meutya mengatakan bahwa keputusan itu secara bulat, yang artinya tidak ada anggota Komisi I yang menyampaikan sikap berbeda terhadap pencalonan Agus Subiyanto.

Advertisement

Meutya mengatakan bahwa keputusan itu secara bulat, yang artinya tidak ada anggota Komisi I yang menyampaikan sikap berbeda terhadap pencalonan Agus Subiyanto.

Dalam kesempatan yang sama, dia juga menyampaikan tidak ada catatan dari Komisi I DPR RI atas pencalonan Agus.

“Tidak ada catatan yang mengiringi, hanya harapan, Bapak Agus Subiyanto profesional, menjaga netralitas TNI, dan memperhatikan kesejahteraan prajurit,” kata Meutya.

Advertisement

Selanjutnya, Komisi I DPR RI bersurat ke pimpinan DPR RI terkait dengan persetujuan itu. Proses selanjutnya, pimpinan DPR RI bakal mengesahkan pencalonan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI dalam Sidang Paripurna DPR RI.

Jika telah disetujui oleh DPR RI dalam Sidang Paripurna, Agus Subiyanto pun tinggal menunggu pelantikan sebagai Panglima TNI oleh Presiden RI Joko Widodo.

Agus pun mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota Komisi I DPR. Ia mengatakan siap bekerja sama.

Advertisement

“Saya ucapkan terima kasih kepada ketua wakil dan seluruh anggota Komisi I. Jabatan ini amanah buat saya. Dan tentunya TNI siap bermitra dengan Komisi I,” ucapnya.

Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang pada bulan lalu baru resmi menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat, diusulkan sebagai calon tunggal Panglima TNI oleh Presiden Jokowi. Agus dicalonkan sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang purnabakti pada tanggal 26 November 2023 atau tepat saat dia berusia 58 tahun.

Agus pun menjalani uji kepatutan dan kelayakan, sebagai rangkaian pencalonannya di Komisi I selama kurang lebih 2 jam. Dalam rangkaian itu, Komisi I DPR RI lanjut menjalani verifikasi faktual ke kediaman pribadi Agus Subiyanto di Jakarta Timur.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif