SOLOPOS.COM - ilustrasi (dtc img)

ilustrasi (dtc img)

JAKARTA–Komite Nasional Kecelakaan dan Transportasi (KNKT) memastikan benda yang ditemukan di jurang Gunung Salak, adalah black box. Benda tersebut kini dalam pemeriksaan.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

“Sudah diperiksa KNKT, dipastikan itu black box,” ujar Kepala Pusat penerangan Kopassus, Letkol Taufik Sobri kepada detikcom, Selasa (15/5/2012).

Taufik mengatakan, blackbox tersebut ditemukan di sekitar tebing, 100 meter di atas lokasi ekor pesawat. Ada lima petugas Kopassus yang mengamankannya.

Benda itu ditemukan pada sore tadi. Black box Sukhoi itu penting karena tersimpan data mengenai pesawat Sukhoi. Nantinya bisa diketahui apa penyebab pesawat itu mengalami kecelakaan.

Namun,berbeda dengan warna aslinya oranye, Black Box Sukhoi Superjet 100 yang ditemukan di Gunung Salak, Jawa Barat, berwarna hitam. Black box tersebut gosong karena terbakar.

“Black box kondisi terbakar, warnanya menjadi hitam,” kata Kepala Pusat penerangan Kopassus, Letkol, Taufik Sobri kepada detikcom, Selasa.

Menurut Taufik, black box tersebut ditemukan pagi tadi sekitar pukul 10.00 di lereng Gunung Salak. Lokasi black box berada 100 meter di atas ekor pesawat.

Ditambahkan Taufik, rute yang ditempuh untuk membawa black box tersebut cukup jauh. Tim harus mengangkutnya menggunakan helikopter lalu membawa lewat jalur darat hingga ke Posko Cijeruk.

“Didrop heli super puma ke atas, lalu lewat jalan darat ke Cimalati. Baru dibawa ke sini (Cijeruk) untuk diserahkan ke Danrem,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya