SOLOPOS.COM - Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto berpidato saat menghadiri deklarasi dukungan dari Induk Koperasi Unit Desa (KUD) di Jakarta, Sabtu (4/11/20223). (ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa)

Solopos.com, JAKARTA – Prabowo Subianto mencanangkan program makan siang gratis bagi anak sekolah apabila dirinya terpilih menjadi Presiden RI ke-8 pada Pilpres 2024 mendatang. 

Tak main-main Prabowo bahkan telah mengalokasikan anggaran hingga Rp400 triliun untuk mewujudkan programnya ini. 

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Cawapres Koalisi Indonesia Maju tersebut menyampaikan bahwa program ini menjadi salah satu upaya mengatasi stunting dan angka kemiskinan dari akar masalahnya.  

“Kalau dilihat, anggaran pendidikan 2024 Rp660 triliun. Kalo makan siang untuk anak sekolah, ini masuk pendidikan atau tidak? Jadi sebenarnya kalau Rp400 triliun alokasinya sebenarnya sudah ada,” ujarnya, dalam Sarasehan 100 Ekonom 2023, Rabu (8/11/2023).  

Menurut Prabowo, Indonesia mampu melakukan hal tersebut. Pasalnya, India yang memiliki PDB perkapita lebih rendah dari Indonesia mampu melakukan hal tersebut.  

Dirinya mencontohkan India mampu membuat revolusi putih dengan membagikan susu kepada anak sekolah dan telah berjalan sekitar 35 tahun.

“Tadinya hanya susu, tapi ini signifikan. Kemudian saya kira mereka sudah 4-5 tahun melaksanakan makan gratis sekolah. Demikian juga Thailand, Singapura, Malaysia,” lanjutnya.  

Di sisi lain, melihat dari sisi anggaran perlindungan sosial dalam APBN 2024 yang hampir mencapai Rp500 triliun, bila sebagian dana tersebut untuk makan siang anak-anak Indonesia, maka akan meringankan beban masyarakat miskin dan rentan.  

Prabowo optimistis Indonesia mampu melakukan hal tersebut dengan anggaran yang cukup besar sekaligus menuntaskan kemiskinan.  

Sebagaimana visi misi Prabowo-Gibran, di mana pemberantasan kemiskinan harus menjadi prioritas utama kebijakan pemerintah.  

Upaya pemberantasan kemiskinan ekstrim menuju 0 persen perlu dilakukan sesegera mungkin dalam 2 tahun pertama pemerintahan. Sementara untuk kemiskinan relatif ditargetkan di bawah 6 persen di akhir 2029. 

“Jadi saya sangat optimis bahwa makan siang ini mampu kita lakukan. Kalau urusan Rp400 triliun – Rp500 triliun, sebetulnya daripada sekarang kita tidak jelas, lebih baik langsung ke akar masalah,” tegasnya. 

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Dananya sudah Ada, Prabowo Siap Kucurkan Rp400 Triliun untuk Makan Siang Anak Sekolah”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya