SOLOPOS.COM - Sejumlah seniman Surabaya menggelar aksi simpati di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jumat (10/1/2014) lalu. Aksi yang diikuti seniman dari berbagai cabang seni tersebut, dipicu oleh matinya sejumlah satwa yang ada KBS sepanjang 2013 dan awal 2014. (JIBI/Solopos/Antara/Eric Ireng)

Solopos.com, SURABAYA – Rusa Timor jantan koleksi Kebun Binatang (KBS) ditemukan mati akibat bertarung dengan rusa lainnya di dalam kandang.

Bangkai satwa dengan nama latin Cervus Timorensis itu ditemukan mati oleh petugas saat melakukan patroli pada Selasa (11/3/2014) pukul 02.30 WIB.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Agus Supangat mengatakan dugaan awal rusa tersebut mati karena kalah bertarung lantaran terdapat luka-luka goresan tanduk.

Dia melanjutkan, dugaan tersebut pun telah dibuktikan setelah dilakukan otopsi oleh tim dokter di KBS. Hasilnya, kematian rusa itu murni akibat perkelahian sesama rusa jantan.

“Dalam kandangnya tersebut ditempati 11 ekor rusa dan semuanya berjenis kelamin jantan, mungkin ada pertarungan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (11/3/2014).

Kematian rusa berusia 10 tahun tersebut membuat koleksi rusa KBS menjadi berkurang. Saat ini jumlah rusa KBS tersisa 21 ekor, di antaranya 14 ekor rusa jantan, 5 betina dan 2 anakan yang belum diketahui jenis kelaminnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya