SOLOPOS.COM - Mark Zuckerberg (kiri). (JIBI/Solopos/Reuters)

Mark Zuckerberg akan membangun kota untuk perusahaannya, Facebook. Rencananya kota itu dibangun di lahan 200 hektare dan dihuni oleh 10.000 karyawannya.

Solopos.com, SAN FRANCISCO – Pemilik Facebook, Mark Zuckerberg, berencana untuk membangun sebuah kota di tepi sungai di San Francisco. Rencananya kota tersebut akan berdekatan dengan markas perusahaan.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Mark memang membangun kota itu untuk 10.000 karyawannya. Seperti dilansir Dailymail, Minggu (22/2/2015), kota tersebut direncanakan dibangun di lahan 200 hektare.

Mark memplot kota itu sebagai kota perusahaan yang akan dihuni karyawannya dan keluarga mereka. Kota itu dibangun lengkap dengan supermarket dan hotel.

Kota itu juga akan dilengkapi vila untuk pelatihan-pelatihan yang digelar perusahaan. Rencananya kota tersebut akan diberi nama Zee Town. Mark juga telah menunjuk Frank Gehry, 85, sebagai arsitek kota tersebut. Seperti diketahui Frank merupakan orang yang mengarsiteki Museum Guggenheim di Bilbao, Spanyol.

Pembangunan kota itu diperkirakan akan menelan biaya US$200 miliar atau setara dengan Rp2,5 biliun. Kota itu juga akan dilengkapi dengan jalan-jalan dan ruang publik yang hijau. Bahkan kota itu juga berharap bisa memiliki sebuah bukit yang bisa di luar kota. Tempat-tempat publik itu juga disiapkan untuk masyarakat luar yang ingin berkunjung ke kota itu.

Mark Zuckerberg merupakan orang terkaya ke-15 di dunia versi Forbes. Sebelumnya Facebook juga telah menghabiskan US$400 juta atau Rp5,1 triliun untuk membangun sebuah kawasan industri seluas 55 hektare di sebelah kantor utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya