SOLOPOS.COM - Foto Batavia Air di Tiongkok. (Istimewa/Rocketnews24.com)

Kisah unik datang dari pengusaha Tiongkok yang membeli Batavia Air untuk dijadikan warung makan.

Solopos.com, WUNAN – Seorang pengusaha Tiongkok membeli pesawat bekas Batavia Air dengan harga Rp70 miliar. Uniknya, pengusaha itu membawa pesawat jenis Boeing 737 itu ke negaranya untuk dijadikan warung makan.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Pesawat Batavia Air terlihat berada di tengah kawasan sibuk di Wuhan, Tiongkok. Rupanya, pesawat itu tak digunakan lagi ini dan sengaja dibeli pengusaha lokal untuk dijadikan restoran unik.

Dilaporkan media setempat People’s Daily Online seperti dilansir Daily Mail, Jumat (4/3/2016), pesawat bekas ini dibeli pengusaha lokal yang tidak disebut namanya, dengan harga 35 juta yuan atau setara Rp70 miliar.

Pesawat sejatinya merupakan angkutan umum massal. Namun hal itu tampaknya tidak berlaku bagi seorang pengusaha lokal itu. Pengusaha asal Negeri Tirai Bambu itu justru mengubah pesawat menjadi restoran. Kedatangan pesawat jenis Boeing 737 asal Indonesia tersebut belakangan membuat heboh masyarakat terutama di pusat perbelanjaan di kota Wuhan.

Pengusaha itu rupanya menginginkan konsep yang berbeda dan tidak biasa dengan membuat restoran bertema penerbangan. Melihat hal ini, masyarakat tampaknya cukup antusias. Namun, publik harus sedikit bersabar karena hingga kini belum ada pengumuman resmi tentang kapan dibukanya restoran pesawat tersebut.

Disebutkan People’s Daily Online, bagian kokpit akan dijadikan simulator pesawat dan sebagian lagi dijadikan restoran bertema pesawat. Keberadaan pesawat di tengah kawasan pejalan kaki itu, diharapkan menambah lanskap Wuhan.

Pesawat berhasil dirakit dengan cepat. Namun masih belum diketahui pasti kapan restoran bertema pesawat itu akan dibuka untuk umum.

Pesawat yang telah berusia 28 tahun ini, terakhir kali dimiliki maskapai Indonesia, Batavia Air yang bangkrut tahun 2013 lalu. Pesawat ini sebelumnya dimiliki beberapa maskapai lainnya termasuk British Midland Airlines dan Mandala Airlines.

Restoran dengan tema unik cukup banyak terdapat di China. Untuk restoran dengan tema pesawat sudah ada di Chongqing sejak tahun 2012 lalu. Bagian dalam restoran dirancang sangat mirip pesawat jenis Airbus A380.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya