SOLOPOS.COM - Glyn Kessell, 59 tahun bersama suaminya Balwinder Singh yang masih berusia 22 tahun. (news.com.au)

Glyn Kessell, 59 tahun bersama suaminya Balwinder Singh yang masih berusia 22 tahun. (news.com.au)

Solopos.com, AUCKLAND—Pemerintah Selandia Baru belum lama ini menolak permohonan visa Balwinder Singh. Bahkan warga India ini terancam dideportasi. Alasannya tergolong unik. Gara-garanya istri Singh selisih 37 tahun dibanding Balwinder.

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

Sebagaimana dikutip news.com.au, Jumat (5/7/2013), Harian The New Zealand Herald, memberitakan Singh yang berusia 22 tahun menikahi warga Selandia Baru, Gyln Kessell berusia 59 tahun. Selisih usia hampir 40 tahun ini lah yang dijadikan alasan menolak permohonan visa.

Mereka berdua bertemua di sebuah salon rambut di wilayah Glenfield tahun lalu. Tiga pekan setelah itu, mereka makin intim dengan saling berkirim pesan. Dua bulan setelah itu pun mereka memutuskan untuk menikah.

Singh merupakan warga India yang menjadi kuliah di universitas Selandia Baru dan bekerja. Dia pun berusaha mengajukan visa kerja tetapi ditolak.

“Kami telah mencatat Anda dan pasangan memiliki perbedaan usia yang signifikan. Selain itu juga memiliki perbedaan agama dan budaya antara Anda dan pasangan Anda . Kami tidak yakin hubungan ini (pernikahan) bisa bertahan lama,” demikian catatan bagian Imigrasi di permohonan visa yang diajukan Singh.

Menanggapi penolakan itu, Singh menyebut keputusan tersebut berbau rasis.

“Sebenarnya saya bisa saja pergi dengan gadis-gadis muda Kiwi (Selandia Baru). Tetapi saya lebih memilih istri saya karena saya mencintainya. Tetapi usia hanyalah angka,” ulas Singh.

Dia menilai keputusan penolakan visa itu juga  tak adil karena mempertanyakan perbedaan budaya. “Saya tetap ingin sepenuhnya India. Saya tetapkan India,’ lanjutnya.

Kepala Kantor Imigrasi Selandia Baru, Michael Carley membantah keputusan yang diambil kantornya berbau rasis.

“Pasangan itu meikah setelah pacaran tiga bulan. Ini waktu yang sangat pendek. Setelah diadakan kunjungan ke kediaman pasangan itu dan hidup mereka seperti di asrama,” ujarnya.

Bagaimana tanggapan Gyln Kessell, sang istri?

Kessell yang telah memiliki anak laki-laki berusia 37 tahun ini, memberikan penjelasaanya ketika dimintai keterangan oleh kantor Imigrasi Selandia Baru. Usia  Kessel lebih tua dibanding mertuanya yang berusia 45 dan 46 tahun.

“Ini bukanlah soal umur. Ini tentang siapa yang Anda suka. Dan usia tidaklah relevan,” jelas Kessell.

Kini Balwinder Singh dan istrinya telah mengajukan komplain. Namun, Singh pun dihadapkan pada ancaman serius yakni dideportasi dari negeri Kiwi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya