SOLOPOS.COM - Menara Huzhu di Distrik Songjiang, Shanghai, Tiongkok (asiaone)

Kisah unik datang dari Shanghai, Tiongkok. Sebuah bangunan di Distrik Songjiang diakui lebih miring dibanding menara condong Pisa di Italia.

Solopos.com, SHANGHAI – Menara Pisa di Italia ternyata bukan satu-satunya struktur bangunan condong di Dunia. Menara Huzhu di Distrik Songjiang, Shanghai, Tiongkok mempunyai derajat kemiringan 7,1.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Dilansir Rocketnews24, menara ini jauh lebih miring dibanding Pisa dan Suurhusen di Jerman. Kedua menara itu memiliki kemiringan 5,2 derajat.

Seperti dikutip dari Huffingtonpost, menara ini kali pertama dianalisis dalam sebuah teks kuno perwira tentara. Disebutnkan, tentara bernama Zhou Wenda membangun menara Huzhu pada tahun 1157, dan mulai miring selama bertahun-tahun karena fondasi yang dibangun di atas lumpur.

Masalah fondasi itu semakin parah ketika menara rusak parah karena api yang disebabkan oleh kembang api pada 1788. Penduduk setempat mengklaim menara itu dibombardir oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II.

Menara Pisa di Italia (kiri) Suurhusen di Jerman (kanan)

Menara Pisa di Italia (kiri) Suurhusen di Jerman (kanan)

Pemerintah Shanghai membuat rencana untuk menstabilkan struktur dan menambahkannya sebagai bangunan peninggalan kota yang dilindungi di tahun 1980-an.

Kini, ia telah miring 0,58 derajat lebih sejak saat itu. Sekarang, Menara Huzhu sedang dipantau oleh Shanghai Jianwei Architecture Preservation Engineering Technology Co bersama-sama dengan Biro Peninggalan Budaya Shanghai. Kelompok ini akan membuat rencana pelestarian jangka panjang untuk struktur bangunan miring ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya