SOLOPOS.COM - Hasil X-Ray tenggorokan pria asal India beserta gambar gigi yang sempat tersangkut. (timesofindia.com)

Kisah tragis dialami seorang pria 55 tahun yang tak sengaja menelan gigi palsu usai epilepsy.

Solopos.com, NEW DELHI – Seorang pria berusia 55 tahun asal India mengalami kisah tragis. Pria ini tak sengaja menelan gigi palsu usai mengalami kejang-kejang akibat epilepsy.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“Ia tak sadar bahwa dirinya telah menelan gigi tiruan karena tak ada gejala sampai hari kelima. Ia datang kepada kami setelah hari kedelapan,” tulis dr Vinoth Boopathy dari MahatmaGandhiMedicalCollege and Research Institute seperti dikutip Detik dari jurnal BMJ Case Reports, Sabtu (3/10/2015).

Sang pria mengaku serangan kejang terjadi ketika ia tidur dan ada kejadian janggal yaitu ia menemukan sebagian gigi palsunya di lantai. Ia mencari untuk bagian lain yang mungkin terjatuh namun tak menemukannya.

Di rumah sakit para dokter melakukan X-ray dan menemukan kepingan besar dari gigi palsu lengkap dengan pengaitnya tersangkut tepat di ujung saluran esofagus secara vertikal. Ujung dari gigi palsu yang tertelan terlihat menutup saluran.

Operasi berjalan sulit karena besar gigi yang tertelan. Namun tim dokter pada akhirnya berhasil mengangkat gigi dengan menggunakan alat esophagoscopy dan operasi kecil.

“Dengan pengobatan yang biasa pasien berangsur-angsur membaik dan bisa makan lewat mulut setelah 10 hari. Tidak ada komplikasi lebih lanjut dan ia boleh pulang dua hari setelah dirinya bisa makan oral,” tutup dr Vinoth.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya