SOLOPOS.COM - Prof. Agus Sugiarto, dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UKSW Salatiga. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA–Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga kembali menambah deretan guru besar dengan dikukuhkannya Prof. Agus Sugiarto sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). Upacara pengukuhan dilakukan Rektor UKSW, Prof. Intiyas Utami, di Balairung Universitas belum lama ini.

Prof. Agus Sugiarto, yang dikenal dengan panggilan akrab Agus, lahir di Jepara pada 1975 dari pasangan Sunarno dan Sri Darni. Sebagai anak pertama dari tiga bersaudara, Prof. Agus menghabiskan masa kecilnya di Jepara.

Pendidikan dasarnya ditempuh di SD Negeri 1 Suwawal Timur, dilanjutkan ke SMP Negeri 1 Mlonggo, dan kemudian SMA Negeri 1 Jepara.

Ketertarikan Prof. Agus pada dunia pendidikan ekonomi dan manajemen mulai tumbuh sejak masa sekolahnya. Hal inilah yang membawanya menempuh studi di Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW pada tahun 1993.

Lulus sebagai sarjana pendidikan terbaik pada Oktober 1997, Prof. Agus mengembangkan minat mendalam di bidang Pendidikan Ekonomi Perkantoran dan memulai karier sebagai pengajar di Program Studi Diploma 3 Sekretari, Program Profesional UKSW sejak Agustus 1999.

Tak berhenti di situ, pentingnya pengembangan ilmu mendorong Prof. Agus untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 di Prodi Magister Manajemen FEB UKSW. Ia menyelesaikan gelar S2 pada September 2007, sekali lagi sebagai lulusan terbaik.

Pada 2010, Prof. Agus mulai bertugas sebagai dosen di Prodi S1 Manajemen, FEB UKSW.

Semangatnya untuk terus belajar membawanya melanjutkan studi S3 di Program Studi Doktor Manajemen UKSW, dan meraih gelar Doktor pada tahun 2018 dengan fokus penelitian pada penerapan konsep ramah lingkungan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia.

Penghargaan dan Kontribusi

Prof. Agus, yang menikah dengan Sinopta Hermawati dan dikaruniai dua putra, Adrian Herma Sugiarto dan Devano Herma Sugiarto, terus membangun karier akademisnya dengan penuh dedikasi.

Sebagai peneliti, Prof. Agus aktif dalam riset-riset terdepan, khususnya dalam bidang manajemen sumber daya manusia, seringkali mendiseminasikan karyanya melalui seminar, buku, dan jurnal ilmiah nasional serta internasional.

Sebelum meraih gelar Guru Besar, ia berperan aktif dalam pengembangan bidang Manajemen Sumber Daya Manusia di berbagai prodi di FEB UKSW. Sebagai pendidik, Prof. Agus terus mendorong mahasiswa mencapai prestasi akademik setinggi mungkin dan mengembangkan potensi diri secara maksimal.

Prof. Agus juga aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan telah memublikasikan berbagai karya ilmiah di jurnal nasional dan internasional bereputasi. Atas berbagai prestasi tersebut, sudah selayaknya ia dianugerahi gelar Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen.

Karya Ilmiah: Eco-Office

Prof. Dr. Agus Sugiarto mengusung karya ilmiah bertajuk Eco-Office: Tumbuhkembangkan Perilaku Kreatif Ramah Lingkungan di Kantor. Penelitian ini menekankan pentingnya membentuk perilaku kreatif yang ramah lingkungan di kantor melalui tiga cara: insight (pemahaman), conditioning (pembiasaan), dan modeling (teladan).

Eco-Office disampaikannya bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang hijau dan ramah lingkungan melalui konservasi, penghematan energi, penggunaan kertas yang minimal, penghematan air, pengurangan produksi sampah, serta menjaga kebersihan dan kenyamanan ruang kerja.

“Upaya ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yang sedang digalakkan di berbagai organisasi,” ungkapnya dikutip Selasa (11/6/2024).

Dalam sambutannya saat dikukuhkan, Prof. Agus menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Tuhan serta semua pihak yang telah mendukung perjalanan kariernya. Ia menyebutkan pencapaian sebagai Guru Besar adalah berkat Tuhan serta hasil dari dukungan keluarga, rekan-rekan, dan berbagai pihak di UKSW.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga saya, keluarga besar di Jepara dan Kartasura, serta kepada keluarga Prof. Kris Herawan Timotius dan Dr. Bambang Ismanto yang telah memperkenalkan saya dengan UKSW. Terima kasih juga kepada pimpinan YPTKSW, Rektor, seluruh jajaran pimpinan UKSW, ketua dan sekretaris senat UKSW, serta semua rekan di FEB UKSW dan lembaga lainnya yang telah memberikan dukungan dan fasilitas yang luar biasa,” ungkap Prof. Agus.

Pengukuhan Prof. Agus Sugiarto sebagai Guru Besar diharapkan dapat semakin memperkuat posisi UKSW dalam bidang pendidikan ekonomi dan manajemen, serta memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Rekomendasi
Berita Lainnya