SOLOPOS.COM - Suasana Job Fair UNS Solo XXV di Auditorium G.P.H Haryo Mataram S.H, Kamis (11/5/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Ribuan orang mendatangi Job Fair Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di Auditorium kampus setempat, Kamis (11/5/2023).

Salah satunya adalah Johan, 21, yang jauh-jauh dari Kudus untuk mendaftar lowongan pekerjaan PT KAI. Dia datang sejak pukul 10.00 WIB.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

“Tapi tadi katanya lowongan untuk SMA sederajat sudah penuh sejal pukul 06.00 WIB pagi tadi,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Kamis.

Johan merupakan lulusan paket C SMA dan sudah bekerja di pabrik kertas karton di Kudus. Dia mengaku ingin mencoba mendaftar PT KAI karena ingin mencoba dan diajak taman. “Tapi karena sudah penuh ya sudah,” lanjut dia.

Sayangnya, Johan tidak menyiapkan berkas untuk perusahaan lain. Dia hanya menyiapkan khusus untuk PT KAI. Awalnya dia berharap setidaknya bisa diterima di PT KAI dan ditempatkan di Semarang. “Untuk sementara nanti lanjut dulu kerja di Kudus,” kata.

Lain cerita pencari kerja asal Semarang, Nisa, 23, mengatakan sedang menunggu antrean memasukan berkas di PT KAI. Tidak seperti Johan, dia masih mendapat kuota. “Kalau yang S1 masih bisa daftar sih,” kata dia.

Nisa saat ini sudah bekerja di Call Center Telkom Semarang. Lulusan Teknik Informatika Universitas PGRI Semarang 2022 itu mengaku tertarik mendaftar kerja di PT KAI lantaran merupakan bagian dari BUMN.

Namun, dia mengaku tidak tahu mendaftar di posisi apa. Menurut dia, tidak informasi job desk dari pihak PT KAI.

“Tidak jelas sih, jadi saya memang mendaftar aja, tapi nanti misal diterimanya di bagian apa saya tidak tahu,” kata dia.

Termasuk mau ditempatkan di daerah mana. Informasi yang diterima para pendaftar harus mau ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

“Kalau saya misal nanti keterima maunya di Semarang. Karena di semarang kan ada 4 kantor PT KAI. Minimal di Jawa masih siap,” kata dia.

Job Fair tersebut diadakan oleh Career Development Center (CDC) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Acara tersebut berlangsung selama dua hari, yakni Rabu-Kamis (10 –11/5/2023).

Terdapat sebanyak 26 perusahaan dan institusi yang menjadi peserta. CDC UNS juga memfasilitasi campus hiring bagi perusahaan atau institusi mitra yang membutuhkan lulusan UNS di luar kegiatan Job Fair.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya