SOLOPOS.COM - Ilustrasi tempat paling misterius di dunia (news.xinhuanet.com)

Solopos.com, SOLO — Karena berbagai alasan, sebuah kota atau tempat bisa jadi ditinggalkan oleh para penduduknya. Kota yang telah ditinggalkan tersebut sering kali menjadi seperti kota mati dan berhantu karena tak pernah atau jarang dikunjungi manusia.

Berikut ini adalah sejumlah kota mati yang Jumat (6/12/2013), disebut News.com.au sebagai tempat terangker di dunia. Masing-masing tempat itu diselimuti misteri yang mendebarkan pengunjungnya.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

 

Diawali dari Namibia

 

Kolmanskop, Namibia

Kolmanskop, Namibia (News.com.au)

Kolmanskop, Namibia (News.com.au)

Kolmanskop menjadi tempat yang sangat sunyi dan misterius setelah ditinggalkan penduduknya pada tahun 1956. Daerah ini mengalami masa kejayaan pada tahun 1920 sebagai tempat mencari berlian. Tempat itu menjadi seperti kota mati setelah ditinggalkan penduduknya yang telah menemukan lokasi lain sebagai sumber pencarian berlian.

 

Berlanjut ke India

 

Fatehpur Sikri, India

Fatehpur Sikri, India (News.com.au)

Fatehpur Sikri, India (News.com.au)

Kota yang memiliki bangunan indah ini tampak kokoh berdiri dibangun oleh Kaisar Akbar yang menginginkan kota ini menjadi kota paling indah di dunia. Setelah bangunan nan megah tersebut selesai dibangun orang-orang baru menyadari bahwa kota tersebut tidak memiliki akses air. Saat kota tersebut ditinggalkan, kota ini merupakan ibukota Kekaisaran Mughal pada abad ke 16.

 

Ada juga di Antartika

 

Deception Island, Antartika

Deception Island, Antartika  (News.com.au)

Deception Island, Antartika (News.com.au)

Deception merupakan tempat poluler berlabuhnya pelayaran untuk berbagai kegiatan ilmiah. Bangunan ini menjadi kosong dan ditinggalkan setelah letusan gunung berapi menghancurkan tempat ini pada tahun 1960. Sekarang hanya terdapat puing-puing bangunan, lengkap dengan sisa pemandian air panasnya.

 

Ada pula Amerika Serikat

 

Rhyolite, Nevada, Amerika Serikat

Rhyolite, Nevada, Amerika Serikat (News.com.au)

Rhyolite, Nevada, Amerika Serikat (News.com.au)

Pada tahun 1904 emas ditemukan di tempat ini. Dalam waktu 16 tahun, kota Rhyolite di Nevada, Amerika Serikat ini berkembang pesat hingga akhirnya mengalami kehancuran. Kini kota ini tak lagi dihuni manusia.

 

Di China juga ada

 

Shincheng, China

Shincheng, China (News.com.au)

Shincheng, China (News.com.au)

Shincheng yang berarti kota singa tenggelam di bawah danau Qiandao pada tahun 1959 di tengah pembangunan pembangkit listrik tenaga air Xin’an. Seluruh kota ini tenggelam di bawah opermukaan air. Kota ini berusia sekitar 1400 tahun pada masa Tiongkok kuno.

 



Juga ada di Taiwan

San-Zhi, Taiwan

San-Zhi, Taiwan (News.com.au)

San-Zhi, Taiwan (News.com.au)

Pemerintah Taiwan menyubsidi pembangunan vila musim panas untuk para orang kaya di negara tersebut pada tahun 1978. Tapi, modal investasi untuk proyek tersebut kini lenyap. Perusahaan yang membangun vila tersebut bangkrut. Banyak orang yang percaya lahan tersebut telah dikutuk.

 

Juga ada di Kolumbia

Santo Hotel, Kolombia (News.com.au)

Santo Hotel, Kolombia (News.com.au)



Santo Hotel, Kolombia

Hotel del Salto ini berada di samping air terjun besar di Kota Bogota. Hotel ini dibuka tahun 1928 dan merupakan salah satu hotel yang populer di kota tersebut pada masanya. Karena pengunjungnya yang cenderung menyusut, akhirnya hotel ini ditutup pada tahun 1990. Beberapa orang bercaya bangunan tersebut telah berhantu karena ada beberapa kasus bunuh diri di dekat air terjun





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya