SOLOPOS.COM - Salah satu rumah di Desa Veteran, Kansas, AS. (Istimewa/veteranscommunityproject)

Kisah inspiratif kali ini tentang gerakan sosial yang dilakukan Veterans Community Project.

Solopos.com, KANSAS – Untuk memperbaiki kehidupan veteran perang, khususnya bagi mereka yang tunawisma, organisasi bernama Veterans Community Project (VCP) menginisiasi gerakan rumah gratis. Berdasarkan donasi dari berbagai pihak, organisasi yang berbasis di Kansas, Amerika Serikat itu membangun Desa Veteran dengan rumah yang bisa dihuni gratis.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Dikutip Solopos.com, Senin (13/3/2017), dari laman veteranscommunityproject.org , gerakan Desa Veteran ini dilakukan dengan membuat rumah-rumah berukuran kecil. Rumah-rumah itu diisi oleh veteran yang tidak mempunyai tempat tinggal. Selain memberi tempat tinggal, gerakan ini juga bertujuan untuk mengantisipasi alasan utama banyaknya veteran menjadi tunawisma.

VCP akan memberikan bimbingan dan konseling yang dibutuhkan para veteran. Dengan hal itu diharapkan para veteran bisa melupakan trauma karena perang. Kemudian diharapkan juga para veteran bisa lebih siap menghadapi kehidupan sosial. Bagi veteran yang dianggap siap bersosialisasi di luar komunitas, akan dicarikan alternatif tempat tinggal lain di luar Desa Veteran.

Interior Rumah mini di Desa Veteran. (Istimewa/veteranscommunityproject)

Interior Rumah mini di Desa Veteran. (Istimewa/veteranscommunityproject)

Dilansir Boredpanda, Rabu (8/3/2017), Desa Veteran terdiri dari 50 rumah berukuran kecil. Berbeda dengan rumah untuk tunawisma pada umumnya, Desa Veteran menawarkan privasi bagi masing-masing veteran. Para veteran yang mendiami rumah-rumah tersebut diberi kebebasan untuk mendekor ulang rumah tinggal mereka. Hal itu dipercaya akan berguna untuk memperbaiki kehidupan para veteran.

Satu rumah di Desa Veteran dibangun dengan biaya sekitar US$10.000 atau sekitar Rp133 jutaan. Meski disebut rumah kecil, hunian itu memiliki satu kamar mandi, kamar tidur, dan dapur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya