SOLOPOS.COM - Gadis cilik India berumur 13 tahun, Malavath Purna, menaklukan Gunung Everest (Indiatimes.com)

Solopos.com, HYDERABAD- Gadis cilik asal India, Malavath Purna menundukan gunung tertinggi di dunia, Everest pada Sabtu (24/5/2014). Sekaligus mengantarkan dia menjadi pendaki wanita termuda yang mendaki Everest.

Purna tidak sendiri, dia didampingi Sadhanapalli Anand Kumar, 16, seorang pelajar Kelas IX dari distrik Khammam Andhra Pradesh. Mereka menyelesaikan pendakian pada Sabtu pagi waktu setempat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dilansir kantor berita indiatimes.com pada Selasa (27/5/2014), Anand dan Purna keduanya merupakan mahasiswa dari Andhra Pradesh mengambil jurusan pendidikan kesejahteraan sosial.

“Mereka naik Everest pada pukul 6 pagi. Hari ini setelah melakukan ekspedisi selama 52 hari,” kata seorang pejabat dari pemerintah setempat.

Dia juga menambahkan Purna menciptakan rekor dengan menjadi gadis termuda yang mendaki Everest.

Purna dan Anand terpilih dari sekitar 150 anak-anak yang awalnya dipilih sebagai tim olahraga petualangan. Seleksi diadakan untuk mempromosikan prestasi siswa kepada masyarakat.

Awalnya, dua puluh dari mereka dikirim untuk mendaki berbagai gunung dan menerima pelatihan di Darjeeling Institute. Setelah terseleksi, sembilan dari mereka dikirim untuk ekspedisi ke perbatasan Indo- China.

Sampai akhir seleksi, terpilihlah Purna dan Anand. “Kedua siswa dengan tingkat ketangguhan dan daya tahan lebih tinggi dikirim ke Everest Ekspedisi pada bulan April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya