SOLOPOS.COM - ilustrasi

Jepang punya cara unik memperlakukan pelanggar lalu lintas berusia lanjut.

Solopos.com, TOKYO – Kepolisian Jepang punya cara unik menarik Surat Izin Mengemudi (SIM) para pengemudi lanjut usia. Yakni dengan memberikan diskon menu makanan di 176 restoran yang berada di kota Prefektur.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Untuk mendapatkan diskon tersebut, pengemudi lansia cukup menukarkan surat izin mengemudinya kepada pihak restoran yang sudah bekerja sama dengan kepolisian.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat (25/11/2016), kepolisian Jepang saat ini tengah menggalakkan program penarikan SIM yang masih banyak dipegang oleh para lansia. Tujuan utamanya untuk mengurangi angka kecelakaan.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Pemerintah Jepang, saat ini telah terjadi kenaikan angka kecelakaan yang melibatkan pengemudi lansia. Dengan program pemberian diskon di ratusan jaringan restoran ini diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan tersebut.

Hingga saat ini masih banyak lansia yang dilaporkan belum menyerahkan surat izin mengemudinya kepada kepolisian, meski pemberitahuan sudah dilakukan. Polisi Jepang menjalankan program diskon ini untuk mempercepat penarikan surat izin mengemudi para lansia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya