SOLOPOS.COM - Ilustrasi (istimewa)

Kinerja Polri menurut penelitian gampang stres karena beban kerja berat.

Solopos.com, JAKARTA – Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Anton Charliyan mengatakan berdasarkan penelitian 80% anggota kepolisian lalu lintas dan reserse mengalami stres karena beban tugas.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Hal tersebut diungkapkan menyusul kembali mencuatnya aksi polisi bunuh diri. Menurut dia salah satu penyebab polisi bunuh diri karena permasalahan stres.

“Tugas di kepolisian salah satu yang mengundang stres, ini memang salah satunya. Sudah beban tugas berat, ada lagi masalah pribadi,” kata Anton di Mabes Polri, Senin (2/11/2015).

Anton mengatakan untuk mengantisipasi hal tersebut, Polri mewajibkan kepada calon polisi untuk mengikuti tes psikotes. Lalu di internal, Divisi Propesi dan Pengamanan serta dinas psikologi juga mengecek kinerja tiap personel.

Atas persoalan itu, Kadiv Humas mengimbau kepada pimpinan kepolisian agar memperhatikan bawahannya agar mengetahui secara dekat kondisi mereka.

“Jangan hanya sibuk dengan urusan masing-masing. Masyarakat saja dilayani, masa anak buah sendiri tidak?” kata dia.

Selain itu belajar dari peristiwa yang terjadi, Polri akan memperketat penggunaan senjata bagi anggota. Menurut dia, anggota Polri yang boleh memegang senjata akan disesuaikan dengan pangkat dan tugasnya.

“Misalnya, lihat pangkat, beban tugas, kemudian harus berkelakuan baik. Namun, dengan saringan yang begitu ketat juga masih bisa kecolongan,” kata dia.

Sebelumnya Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S. Pane mendesak Polri menerjunkan tim psikolog untuk mengetahui kondisi kejiwaan para polisi. Sejumlah kasus bunuh diri menunjukkan adanya kaitan dengan persoalan pribadi dan psikologis seseorang.

Sebelumnya, Kanit Lantas Polsek Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Iptu Budi Riyono, dikabarkan bunuh diri di rumah teman wanitanya berinisial H di Perumahan, Griya Kenangan, Cipondoh, 31 Oktober 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya