SOLOPOS.COM - Menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Kinerja PNS selalu menjadi sorotan masyarakat. Menpan RB, Yuddy Chrisnandi, mewajibakn seluruh PNS melaporkan harta kekayaan pribadi.

Solopos.com, JAKARTA – Seluruh aparatur sipil negara diwajibkan untuk melaporkan harta kekayaan pribadi yang dimilikinya. Hal itu diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi , Senin (2/2/2015), di Kantor Kemenpan RB di Jakarta.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

“Kami buat terobosan untuk dipatuhi seluruh jajaran aparatur sipil negara guna memberantas korupsi,” kata Yuddy Chrisnandi.

Aturan ini berdasarkan Surat Edaran Menpan RB Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN), maka seluruh aparatur sipil wajib menyampaikan harta kekayaannya.

Ia mengatakan, aturan ini tidak hanya diperuntukkan pegawai negeri yang menduduki jabatan pimpinan tinggi (eselon I dan II), tetapi juga diterapkan bagi pegawai esolon III, IV, V, bahkan para staf.

Tindakan ini dilakukan sebagai upaya untuk melakukan pencegahan terhadap tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintahan.

Menurutnya, indikasi korupsi tidak hanya dilakukan oleh para pejabat eselon I dan II, tetapi bisa juga terjadi di eselon III, IV, dan V.

“Kemenpan RB sudah berkoordinasi dengan KPK terkait aturan pelaporan harta kekayaan untuk aparatur sipil negara,” kata Yuddy.

Hal ini sebenarnya sudah diatur dalam undang-undang sejak lama yakni Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Dan juga pada Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK), Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) wajib bagi penyelenggara negara.

“Perlu diingatkan kembali kepada seluruh instansi pemerintah untuk memerangi KKN, maka surat edaran ini diharapkan bisa mencegah semua potensi-potensi korupsi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya