SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pendaftaran CPNS 2023.(Solopos/Whisnupaksa).

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah membuka formasi talenta digital bagi lulusan baru atau fresh graduate dalam seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2023.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas menyatakan hal ini merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Pemerintah membuat govtech supaya kita tak bergantung pada konsultan masing-masing yang tidak bisa saling berkomunikasi. Maka Kemenpan-RB tahun ini akan membuka formasi untuk tahun yang akan datang, talenta digital, khusus fresh graduate,” katanya di Kompleks Gedung BRIN, Jakarta Pusat pada Selasa (5/9/2023).

Peserta yang lolos formasi ini nantinya akan ditempatkan di seluruh Indonesia, mulai dari pemerintah daerah hingga tataran kementerian dan lembaga.

Hal ini didasari oleh keberadaan anak muda sebagai digital native yang dinilai mampu membuat sistem pemerintahan menjadi lebih baik.

“Karena anak muda kan ini hebat, kita sudah enggak mampu mengikuti pemahaman digitalnya. Maka kita agendakan di SDM-nya,” paparnya.

Ketika ditanyai mengenai jumlah kuota talenta digital, Anas menyebutkan bahwa hal tersebut akan dihitung sesuai permintaan pemerintah daerah.

Selain itu, alokasi tenaga juga akan disesuaikan dengan formasi 80:20 persen yang diterapkan dalam seleksi CASN tahun ini.

“80 persen ini kita selesaikan honorer, 20 [persen]-nya fresh graduate. Salah satu dari 20 persen itu adalah talenta digital,” terangnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Seleksi CASN 2023, Pemerintah Buka Formasi Talenta Digital untuk Fresh Graduate”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya