SOLOPOS.COM - Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Dr. M Aditya Warman, MBA.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Dr. M Aditya Warman, MBA., bersama dengan Perhimpunan Manajemen Sumberdaya Manusia (PMSM) Indonesia berpartisipasi pada agenda Small and Medium Business HR Support Policy Benchmarking Training yang digelar oleh The Korea SMEs and Startups (Kosme) Training Institute.

Kunjungan tersebut berlangsung pada Senin (20/5/2024) bertempat di Hanyang University, Korea Selatan (Korsel). PMSM Indonesia adalah perkumpulan dari peneliti di kampus juga para HR dari perusahaan di Indonesia yang menyelenggarakan program-program pendidikan seperti seminar, pelatihan, mentoring untuk meningkatkan keahlian dari HR. Kali ini, sebanyak 30 orang berpartisipasi untuk pelatihan di Korsel.

Promosi Dapat Dukungan BRI, Klaster Usaha Kain Tuan Kentang Palembang Naik Kelas

“PMSM telah menjadikan kolaborasi yang sangat penting dalam perjalanan pendidikan kampus yang tidak terlepas dari kompetitif efisiensi dunia industri dengan kampus. Kolaborasi ini sangat penting dan harus kita pertahankan,” ungkap Aditya Warman pada Selasa (21/5/2024) dalam keterangan tertulis.

Pelatihan tersebut dipersiapkan untuk menguatkan kerja sama dalam lingkup pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia Small Medium Enterprise (SME) atau yang dikenal dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) antara Korea Selatan dengan Indonesia dengan saling mengenalkan projek pelatihan level medium. Selain itu juga berbagi mengenai lembaga pelatihan.

Aditya Warman yang juga merupakan Dirut BPJS Ketenagakerjaan mengatakan, dalam pelatihan tersebut diajarkan mengenai pengenalan dukungan dan kebijakan untuk UKM, pengenalan pusat pelatihan projek dan pelaksanaannya, pengenalan pelatihan terbaik, serta tour fasilitas tempat pelatihan seperti pabrik pusat pembelajaran.

Ketua IKA UMS itu meneruskan pesan dari Park Eun-Sook yang merupakan Direktur dari Kosme mengatakan bahwa mereka bahagia untuk membangun hubungan kerja sama dengan HR dari UKM Indonesia, yang memiliki potensi besar pada pertumbuhan ekonomi, juga jalinan kerja sama ini menciptakan hubungan baik antar dua negara.

Pesan Eun-Sook sendiri adalah bahwa mereka akan bekerja keras untuk meningkatkan kapasitas dari HR dengan saling berbagi informasi berkaitan dengan pengembangan SDM dengan seluruh lembaga HRD dan UKM.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya