SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Perdana Menteri Julia Gillard sukses mempecundangi mantan menteri luar negeri Australia Kevin Rudd dalam pemilihan kursi ketua Partai Buruh yang kini berkuasa di Australia.

Dalam pemungutan suara hari ini, Senin (27/2/2012) seperti dikutip dari ABC.net.au Gillard meraih 73 suara dan hanya menyisakan 29 suara bagi Rudd. Usai pertarungan, siang ini diperkirakan Gillard dan Rudd akan membuat pernyataan resmi kepada media.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Dengan kemenangan ini, Gillard mengulang suksesnya saat mendepak Rudd dari posisi ketua partai pada 2010. Rudd sendiri membuat kehebohan setelah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri luar negeri Australia saat berada di Washington DC, Amerika Serikat

Kemenangan Gillard sudah diduga setelah Rudd gagal melakukan lobi pada anggota Partai Buruh akhir pekan lalu. Meski demikian, kemenangan Gillard tetap mencuatkan tanya karena jajak pendapat menunjukkan Rudd secara signifikan lebih popular di mata pemilih Partai Buruh.

Hasil Newspoll menunjukkan Rudd mengalahkan Gillard dan Pemimpin Oposisi Tony Abbott sebagai perdana menteri yang disukai publik.

Terpilihnya Gillard menjadi penyelamat Kabinet Australia. Sebab, jika Rudd menang artinya meki Partai Buruh menjadi mayoritas parlemen, mereka hanya unggul satu kursi atas oposisi.

Artinya, jika Rudd menang maka keunggulan Partai Buruh menjadi tidak berarti dan harus bergantung pada koalisi Buruh dengan dua anggota independen parlemen dan satu orang dari Partai Hijau.

Dengan kemenangan Gillard, terbuka kemungkinan Australia memulai pemilu lebih awal jika Partai Buruh ataupun oposisi konservatif bisa mencapai mayoritas di parlemen. Tunggu saja.

JIBI/ Bisnis Indonesia/Algooth Putranto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya