SOLOPOS.COM - Berdasarkan foto yang beredar di kalangan wartawan, terlihat Lukas Enembe dan Ketua KPK Firli Bahuri berjabat tangan erat, Kamis (3/11/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua KPK Firli Bahuri kembali membuat kontroversi karena terlihat akrab dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang menjadi tersangka kasus korupsi, beberapa hari lalu.

Meski banyak kalangan menyebut keakraban Ketua KPK dengan tersangka itu tidak etis, Dewan Pengawas (Dewas) KPK menyatakan hal itu tidak masalah.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Dewas mengaku tidak mempermasalahkan pertemuan antara Ketua KPK Firli Bahuri dan Gubernur Papua Lukas Enembe beberapa waktu lalu.

“Tidak. Sepanjang dilakukan dalam rangka pelaksanaan tugas,” kata Anggota Dewas KPO Syamsuddin Haris kepada wartawan, Senin (7/11/2022).

Baca Juga: Keakraban Ketua KPK dan Lukas Enembe, Tersangka Tajir Diistimewakan

Menurut Haris, Dewas tidak masalah apabila penyidik hingga pimpinan KPK berhubungan dengan pihak berperkara selama masih dalam ranah pelaksanaan tugas.

“Tidak ada masalah jika insan KPK, termasuk Pimpinan KPK, berhubungan dengan tersangka, terdakwa, terpidana, atau pihak lain yang ada hubungan dengan perkara tipikor yang sedang ditangani oleh KPK,” kata Haris.

Seperti diketahui, Firli bersama tim penyidik KPK dan tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mendatangi rumah Lukas Enembe di Papua.

Baca Juga: Ketua KPK Jabat Erat Lukas Enembe, Pemeriksaan dengan Suasana Kekeluargaan

Dalam pertemuan tersebut Firli sempat berjabat tangan dan mengobrol selama 15 menit dengan Lukas.

Foto keakraban Firli dan Lukas Enembe beredar luas di internet. Nuansa keakraban ini juga diakui oleh Firli.

“Tadi saya sempat bicara dengan beliau kurang lebih 15 menit dan pertemuan terbuka tidak ada yang disembunyikan saya tanya umur bagaimana kesehatannya saya ajak ngobrol,” kata Firli, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: Akhirnya, Tim KPK dan IDI Berhasil Memeriksa Gubernur Papua Lukas Enembe

Firli juga mengaku bertemu dengan istri Lukas hingga kakak perempuan Lukas. Dia menyebut pertemuan tersebut penuh dengan suasana hangat dan kekeluargaan.

“Ketemu dengan kawan dan saudara beliau bahkan saya ketemu dengan kaka perempuan beliau.Sempat tadi rangkulan kita dengan hangat penuh kekeluargaan,” kata Firli.

Dalam pernyataannya seusai pertemuan dengan Lukas, Firli tak banyak bicara soal substansi perkara.

Baca Juga: Kasus Lukas Enembe, KPK Periksa Pramugari-Pihak Airlines terkait Pemberian Uang

Dia hanya bicara seputar pertemuan, kondisi kesehatan, dan penegasan bahwa perkara yang menjerat Lukas ini bukanlah kriminalisasi melainkan murni proses penegakan hukum.

Namun, eks Pegawai KPK yang juga Ketua IM57+ Praswad Nugraha justru mengkritik keputusan Firli menemui langsung Lukas Enembe di Papua.

Menurut dia, kedatangan Firli ke rumah Lukas Enembe dapat dinilai sebagai intervensi terhadap tugas penyidik.

Baca Juga: Kasus Lukas Enembe, KPK Periksa Pramugari-Pihak Airlines terkait Pemberian Uang

Dia mengatakan para penyidik KPK yang bertugas akan menjadi sungkan, bahkan mungkin malah menjadi segan dan takut, karena melihat pimpinan KPK bercengkrama dan beramah tamah dengan tersangka.

Praswad juga menyebut drama keakraban Firli dengan Lukas, menunjukkan perlakuan khusus dan istimewa oleh pejabat negara terhadap tersangka korupsi.

Baca Juga: KPK Usut Layanan Jet Pribadi Kelas Satu untuk Gubernur Papua Lukas Enembe



“Rasa keadilan ditengah masyarakat akan terciderai. Mengapa bisa calon tersangka diperlakukan seistimewa itu oleh KPK? Karena tidak semua rakyat bisa merasakan kehangatan sikap Firli yang sepertinya malah ditujukan untuk calon tersangka korupsi,” kata Praswad dalam keterangannya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Firli Bahuri Tampak Akrab dengan Lukas Enembe, Dewas KPK Bilang Ini”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya