SOLOPOS.COM - I Gede Pasek Suardika (Antara)

I Gede Pasek Suardika (Antara)

JAKARTA–Ketua Komisi III DPR, I Gede Pasek Suardika berharap hubungan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Polri tetap baik meski KPK saat ini tengah mengusut dugaan korupsi di Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“KPK dan Polri jangan diadu, yang di luar sana jangan memanaskan suasana seolah-olah akan ada Cicak lawan Buaya versi II,” kata Pasek saat dihubungi, Rabu (1/8/2012).

Menurutnya, penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan simulator untuk ujian surat izin mengemudi (SIM) dapat dilakukan secara bersamaan. “Kami berharap koordinasi saja dengan baik karena ada semangat yang sama untuk menindak kasus korupsi. Kita harus dorong lembaga hukum untuk bersinergi bukan saling berhadapan,” imbuhnya.

Tapi Pasek berharap KPK mampu mengusut tuntas perkara ini. KPK diminta tidak ragu untuk menelusuri dugaan keterlibatan pihak lain. “Penegakan hukum jangan melihat orang, tapi perbuatannya apa memenuhi unsur pelanggaran hukum. Siapapun dan apapun jabatannya nggak ada urusannya, tidak ada kesan korupsi tebang pilih,” pungkasnya.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan mantan Kakorlantas Irjen Pol Djoko Susilo yang kini menjabat Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, sebagai tersangka. Djoko dijerat dengan pasal 2 dan pasal 3 UU 31/1999 tentang pemberantasan korupsi terkait penyalahgunaan wewenang dan memperkaya diri sendiri.

Berdasarkan hasil kesepakatan dari pertemuan Ketua KPK Abraham Samad dan Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo kemarin (31/7/2012), KPK menangani kasus dugaan korupsi dengan tersangka Djoko. Sementara Polri memproses pejabat pembuat komitmen (PPK) dalam proyek ini.

“Tentunya karena sama-sama juga tugas dan penanganan korupsi, tentu kita akan joint investigation,” kata Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya