SOLOPOS.COM - Rudiantara (Detik.com)

Kerja sama teknologi yang dilakukan delegasi Indonesia ke Silicon Valley tetap dilanjutkan meski tanpa Presiden Jokowi.

Solopos.com, SAN FRANSISCO — Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan kunjungan ke Silicon Valley di San Francisco, Amerika Serikat, tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal dan tanpa ada perubahan pembahasan meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak ikut bersama rombongan.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Seperti dilansir Detik, Selasa (27/10/2015), Presiden Jokowi memutuskan untuk pulang lebih awal dari agenda lima hari kunjungan kenegaraan selama di Amerika Serikat demi meninjau langsung penanganan kabut asap yang kian mengkhawatirkan di Sumatea dan Kalimantan.

Sebelum pulang ke Indonesia, Jokowi juga telah menugaskan Menkominfo, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf untuk menemui para bos besar teknologi di Silicon Valley.

“Lusa kami tiba di Silicon Valley. Tentunya beberapa mitra dan diaspora Silicon Valley ingin bertemu presiden secara pribadi. Namun, dengan empat anggota kabinet ke San Francisco tidak akan mengubah substansi yang akan dibahas,” ujar menteri yang akrab disapa Chief RA itu.

Dalam kunjungannya ke Silicon Valley, selain dihadiri oleh empat petinggi negara tersebut, ikut hadir juga para bos start-up teknologi ternama asal Indonesia seperti Nadiem Makarim, Ferry Unardi, William Tanuwijaya, Andrew Darwis, dan Emirsyah Satar. Selain itu, ada juga pegiat inkubator dan investor seperti Yansen Kamto dan Donald Wihardja.

Mereka dibawa untuk menunjukkan kepada para komunitas teknologi di Silicon Valley dan menunjukkan Indonesia juga punya start-up unicorn dengan valuasi di atas US$1 miliar dan berniat menjadi jawara ekonomi digital di Asia Pasifik dengan cara menumbuhkan 1.000 digital entrepreneur yang memiliki total valuasi US$10 miliar atau hampir Rp150 triliun.

Agenda ini semula akan ikut dihadiri oleh Jokowi. Namun, sayangnya, presiden memutuskan untuk batal dan meminta kepada Rudiantara dan sejumlah menteri lainnya agar terus melanjutkan misi mereka di kawasan West Coast.

Presiden Jokowi semula dijadwalkan berkunjung ke inkubator Plug and Play dan bertemu dengan para fund manager dan sejumlah venture capital besar seperti Sequoia Capital, Accel, Kliener, Perkins Caufield Briers, Tiger Global, Andreessen Horowitz dan Coatue Management.

Selain itu, ada juga agenda bertemu dengan para diaspora Indonesia dan komunitas Silicon Valley untuk meresmikan Palapa Ventures Capital untuk mendapatkan investasi bagi para start-up teknologi.

Rudiantara dan para menteri lainnya juga akan mewakili presiden dalam pertemuan dengan CEO Microsoft, Satya Nadella, dan makan malam dengan CEO Apple, Tim Cook. Selain itu, rombongan Menkominfo juga akan mewakili Jokowi berkunjung kantor pusat Facebook dan Google.

Di Googleplex, Jokowi semula akan membicarakan proyek balon internet Google dalam Project Loon agar bisa dibawa ke Indonesia. Rencananya, uji coba ini akan menggandeng tiga operator seluler yang beroperasi di frekuensi 900 MHz, yakni Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

Di sela agenda itu, Presiden Jokowi juga sempat dijadwalkan untuk mengunjungi museum sejarah komputer, serta berkunjung ke kantor Marvell Technology Group (MTG) yang merupakan salah satu perusahaan teknologi tersukses dunia yang didirikan oleh keturunan Indonesia, Sehat Sutardja.

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa, sebelumnya Presiden Jokowi menjelaskan banyaknya keluhan dari masyarakat, laporan kesehatan, dan dampak sosial yang terjadi di daerah yang terkena asap menjadi alasannya tidak melanjutkan perjalanan.

“Saya memutuskan membatalkan perjalanan ke West Cost atau mungkin langsung meluncur ke Kalteng atau Sumsel. Di Sumsel titik apinya berjumlah 146, di Kalteng 366 titk api dan juga tempat lain,” ucap Jokowi, seperti dikutip dari keterangan Humas Kemensetneg.

Presiden menjelaskan dirinya telah menerima laporan di Riau telah terjadi hujan dan di Kalteng juga terjadi hujan selama 15 menit. Kunjungan Presiden ke wilayah yang terkena bencana asap untuk memastikan pelayanan di bidang kesehatan bagi korban berjalan baik.

Untuk kunjungan ke West Cost sendiri, Presiden Jokowi menugaskan menteri-menteri yang terkait. “Berkaitan kerja sama teknologi informasi dan ekonomi kreatif, saya tugaskan Menkominfo, Mendag, Kepala BKPM, Kepala Badan Ekonomi Kreatif meneruskan ke West Coast untuk bertemu dengan CEO di sana,” jelas Jokowi dalam jumpa pers di Blair House, Washington DC.

Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo akan kembali ke Tanah Air, Selasa sore dan diperkirakan tiba di Tanah Air, Kamis (29/10/2015) dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya