SOLOPOS.COM - Kepala SMAN 5 Solo, Harmani, ditunjuk Disdikbud Jateng untuk merangkap jadi Plt Kepala SMAN 9 Solo. (Istimewa/sma5solo.sch.id)

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah (Jateng) menunjuk Kepala SMAN 5 Solo, Harmani, menjadi pelaksana tugas (plt.) Kepala SMAN 9 Solo.

“Pelaksana tugas kepala sekolah dan wakil kepala sekolah kita ambil dari SMAN 5 Solo atas dasar berbagai pertimbangan,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Wilayah VII, Suratno, ketika dihubungi Solopos.com, Jumat (17/6/2023).

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Sekolah baru yang kini berbagi tempat dengan gedung SDN Mojo, Serang, Pasar Kliwon, Solo, itu pada dasarnya belum memiliki guru tetap. Langkah yang diambil dinas yakni menugaskan beberapa guru di Solo untuk mengajar di SMAN 9 Solo.

“[Guru] gabungan dari beberapa SMA negeri di Solo, terus kemudian setelah kita lihat mayoritas dari SMAN 5 yang memungkinkan ditugaskan untuk mengajar di situ,” lanjut dia.

Selain itu, Suratno mengatakan jumlah rombongan belajar (rombel) SMAN 9 Solo bertambah menjadi lima dengan daya tampung 180 siswa. Awalnya, sekolah itu hanya akan menerima empat rombel. Namun setelah audiensi dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, akhirnya Disdikbud Jateng setuju untuk menambah menjadi lima rombel.

“Baru kemarin sore [15/6/2023] kita audiensi dengan Pak Wali Kota, dengan berbagai pertimbangan kita setuju untuk menjadi lima,” kata Suratno.

Dia mengatakan perubahan tersebut lantaran masih banyak dinamika sebelum surat keputusan (SK) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa tengah keluar. “Karena sudah [audiensi] dengan Pak Wali berarti ini sudah pasti [tidak akan bertambah lagi],” kata dia.

SMAN 9 Solo sendiri sudah membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di aula gedung SDN Mojo. Sie Informasi Panitia PPDB SMAN 9 Solo, Derry Putri, pihaknya sudah banyak membantu masyarakat membuat akun dan verifikasi berkas.

“Sudah banyak wali murid yang datang sekedar menanyakan untuk mencari informasi saja atau yang sudah siap verifikasi,” kata dia ketika ditemui Solopos.com di posko PPDB SMAN 9 Solo, Jumat (17/6/2023).

SMAN 9 Solo siap menampung 180 peserta didik (PD) melalui empat jalur, yakni zonasi sebanyak 99 kursi, afirmasi 36, prestasi 36, dan perpindahan orang tua 9.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya