SOLOPOS.COM - Marciano Norman (wikipedia.org)

Kepala BIN baru yakni Sutiyoso alias Bank Yos resmi dilantik.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo siang tadi resmi melantik Letjen TNI (Purn) Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di Istana Negara menggantikan Marciano Norman yang memasuki waktu pensiun.

Promosi Beredar Video Hoax Uang Hilang, Pengamat Sebut Menabung di Bank Sangat Aman

Dasar hukum pengangkatan Sutiyoso adalah Keputusan Presiden No. 52/P/2015 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara. Pelantikan berlangsung secara khidmat dihadiri oleh kepala lembaga tinggi negara dan Menteri Kabinet Kerja.

Ditemui sebelum pelantikan, Marciano mengaku sudah bertemu dengan Sutiyoso untuk membicarakan kondisi BIN saat ini dan ke depan.

Ia memberi sejumlah infomasi hal yang belum diselesaikan dan tantangan ke depan kepada Bang Yos, sapaan akrab Sutiyoso, salah satunya harus bisa meningkatkan rasa memiliki terhadap lembaga intelijen tersebut.

“Harapannya ke depan BIN lebih baik dan BIN dimiliki rakyat Indonesia. Ownership BIN semakin hari semakin tinggi karena perannya,” katanya di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/7/2015).

Dalam hal manajerial BIN, Marciano memprioritaskan agar sumber daya manusia jadi fokus utama ke depan. Oleh karena itu Bang Yos menyampaikan rencana perekrutan anggota BIN hingga 5.000 orang untuk membangun lembaga yang semakin baik.

“Seperti yang saya sampaikan kualitas ke depan tetap, kualitas SDM jadi prioritas,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya