SOLOPOS.COM - Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Menteri Perindustrian MS Hidayat.

BOGOR- Menteri Perindustrian MS Hidayat menyatakan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) sebesar 10 persen akan dilaksanakan secara bertahap. Pertimbangannya karena industri juga akan menanggung dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan upah buruh.

Promosi BRI Imbau Masyarakat Tidak Mudah Terpancing Isu Uang Hilang di Medsos

Di Istana Bogor di Jawa Barat, Senin (27/2/2012), Hidayat mengatakan skema kenaikan TDL secara bertahap dalam tiga kali tahapan itu telah dihitung oleh Kementerian Keuangan.

“Tetap sepuluh persen, tetapi katanya kenaikan dicicil tiga kali supaya tidak memberatkan. Tapi itu baru wacananya menteri keuangan,” katanya.

Menurut Hidayat, rencana menteri keuangan itu belum disampaikan ke dalam rapat kabinet paripurna meski sudah dimasukkan dalam revisi anggaran.

Kenaikan bertahap sebanyak tiga kali itu, lanjut dia, pasti dilakukan sepanjang tahun 2012 yang dilakukan per kuartal.

Hidayat mengakui rencana kenaikan TDL, BBM, serta upah pekerja yang dilakukan secara bersamaan pada tahun 2012 telah menimbulkan beban berat bagi para pengusaha.

Namun, lanjut dia, kenaikan harga tersebut jika dilakukan bersamaan dengan pembasmian pemungutan liar kemungkinan bisa memberikan dampak seimbang bagi industri.

“Kalau momentum ini digunakan untuk membasmi pungutan liar dan ilegal yang semuanya menjadi beban pengusaha mungkin jadi balance,” demikian Hidayat. Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya