SOLOPOS.COM - KENAIKAN GAS ELPIJI 12 KG Pekerja menata tumpukan gas elpiji 12 kg di salah satu agen di Jakarta, Selasa (2/1). Untuk menekan kerugian bisnis elpiji 12 kg yang mencapai rata-rata Rp6 triliun per tahun, Pertamina menaikkan harga elpiji nonsubsidi tabung 12 kg secara serentak di seluruh Indonesia dengan rata-rata kenaikan di tingkat konsumen sebesar Rp3.959 per kg atau 68% menjadi Rp117.708 per tabung setelah harga sebelumnya Rp70.200 per kg.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah menyatakan akan menyikapi dan memutuskan mengenai kenaikan elpiji 12 kg yang telah diumumkan oleh PT Pertamina. Kebijakan mengenai kenaikan itu akan disampaikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setibanya dari Jombang Jawa Timur, Minggu (5/1/2014).

Keputusan tersebut diambil berdasarkan rapat koordinasi terbatas yang digelar Wapres Boediono dan sejumlah menteri di Kantor Wakil Presiden hari ini, Sabtu (4/1/2014). Seusai rapat, Wapres yang menggelar konferensi pers mengatakan rapat hari ini membahas secara detail kebijakan yang baru diumumkan oleh PT Pertamina untuk elpiji 12 kg tersebut. “Kami membahas secara mendalam dari berbagai segi, dari segi pelaksaanaan, suplay dan distribusi,” ujar Wapres.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dia mengatakan pembahasan juga berdasarkan laporan dari masyarakat. Pemerintah, katanya, juga menerima masukan dan pandangan dari para menteri dan akhirnya menyimpulkan hasil rapat dan akan diserahkan laporannya kepada Presiden. “Kita akan laporkan besok,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Perekonomian Hatta Rajasa juga enggan membeberkan hasil rapat yang digelar hari ini. Menurutnya, hasil keputusan akan diambil yang terbaik bagi masyarakat. “Pokoknya yang terbaik buat masyarakat,” ujarnya.

PT Pertamina (Persero) memutuskan menaikkan harga elpiji 12 kg nonsubsidi dari Rp5.850 per kg naik menjadi Rp9.809 per kg, sehingga harga pokok gas elpiji 12 kg dari Pertamina naik menjadi Rp117.708 per tabung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya