SOLOPOS.COM - Ilustrasi lokasi pelaksanaan Salat Id PDM Solo. (Dok)

Solopos.com, SOLO — Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki, memprediksi Idulfitri 1445 Hijriah jatuh pada Rabu (10/4/2024).

Perkiraan perayaan Idulfitri yang serempak itu sesuai dengan kriteria visibilitas hilal yang telah disetujui oleh para Menteri Agama di Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura (MABIMS).

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Berdasarkan kriteria MABIMS, telah disepakati hal itu memenuhi kriteria visibilitas hilal, imkanur ru’yat yaitu setinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat,” kata Wamenag Saiful Rahmat Dasuki di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Ia menambahkan bahwa pihaknya juga telah berkoordinasi dengan seluruh Satuan Kerja (Satker) Kementerian Agama (Kemenag) RI yang berada di daerah-daerah guna mempersiapkan tempat pelaksanaan salat Idulfitri.

Hal itu termasuk menentukan tempat salat Idulfitri 2024 di sejumlah daerah yang sedang dilanda banjir, sebagai upaya antisipasi di berbagai daerah yang masih mengalami bencana banjir pada 1 Syawal 1445 Hijriah mendatang.

Wamenag Saiful berharap Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah di Indonesia dapat dirayakan pada tanggal yang sama.

Sebelumnya, pernyataan senada telah dilontarkan Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin, yang mengungkapkan adanya kemungkinan persamaan pada pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah versi pemerintah maupun organisasi masyarakat.

Thomas menambahkan, pada Selasa (9/4/2024), posisi bulan di wilayah Indonesia sudah cukup tinggi, lebih dari 6 derajat dan elongasi sekitar 8 derajat. Faktor itu secara hitung-hitungan sudah memenuhi kriteria MABIMS, yakni minimal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

“Saat sidang isbat 9 April 2024 akan diputuskan bahwa Idulfitri jatuh pada 10 April 2024. Itu sama dengan kriteria wujudul hilal yang sudah dilakukan salah satu ormas, sehingga nanti Idul Fitri akan seragam pada 10 April 2024,” ujar Thomas, Jumat (8/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya