SOLOPOS.COM - Marty Natalegawa/detikcom

Marty Natalegawa/detikcom

JAKARTA—Kementerian Luar Negeri hingga saat ini telah memulangkan 1.652 warga negara Indonesia dari Suriah. Mereka dipulangkan ke Indonesia menggunakan pesawat komersial dari Damaskus.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

“Sudah dipulangkan WNI selama ini 1.652 orang, sebagian besar TKI, 90 pelajar dan 50 WNI lainnya menggunakan pesawat komersial dari Damaskus,” kata Menlu Marty Natalegawa di kantornya, Jalan Pejambon, Jakpus, Jumat (4/1/2013).

Selain itu, Kemlu memberi bantuan secara tidak langsung kepada 3.369 WNI untuk pemulangan ke tanah air. “Bantuan secara tidak langsung seperti pengurusan dokumen, izin untuk pemulangan,” ujar dia.

Marty mengutarakan, pemulangan WNI dari Suriah yang tengah dilanda konflik, bukan hal mudah. Upaya pemulangan WNI baru bisa dilakukan bila kondisi keamanan memungkinkan.

Ada 7.551 WNI di Suriah yang sebagiannya berada dalam perlindungan dan pengawasan Kedubes RI. “Beberapa ditampung di KBRI Beirut dan Damaskus, kita juga dirikan posko di kota Aleppo,” sebutnya.

“Masalah Suriah harus dihentikan kekerasan, kemudian ulurkan bantuan kemanusiaan,” kata Marty.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya