SOLOPOS.COM - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan keterangan kepada wartawan dalam jumpa pers di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (5/5/2023). Retno Marsudi menyatakan per 5 Mei 2023 pemerintah telah berhasil mengevakuasi sebanyak 9.055 orang WNI dari Sudan. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan bahwa warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban perdagangan manusia bidang online scams yang disiksa dan disekap di Myanmar berada di lokasi zona konflik bersenjata.

“Saat ini pemerintah memberikan perhatian besar dan terus berusaha melindungi WNI yang menjadi korban perdagangan manusia yang dipekerjakan di online scams di Myawaddy Myanmar,” kata dia, saat press briefing pada Jumat (5/5/2023), mengutip Bisnis.com.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Pemerintah memfasilitasi selter pada saat penanganan saat evakuasi, pendampingan hukum, konseling psikologis sampai repatriasi kembali ke Indonesia.

Dia memberikan gambaran letak Myawaddy, tempat di mana perdagangan manusia di Myanmar melalui online scams.

“Gambaran di mana Myawaddy, letak Myawaddy 415 km dari Yangoon, kurang lebih 500 km dari Bangkok jauh, 560 kilometer dari Naypyidaw, dan 11 kilometer dari Mae Sot, ini perbatasan Myanmar dan Thailand,” tambahnya.

Myawaddy adalah wilayah otoritas pusat yang tidak memiliki kontrol secara penuh.

“Saat ini pemerintah terus melakukan komunikasi dengan otoritas di Thailand, otoritas lokal di Myawaddy dan juga organisasi-organisasi lain, dengan tujuan satu, untuk memberi perlindungan kepada WNI dan dapat mengeluarkan WNI dari wilayah tersebut dengan selamat,” lanjutnya. 

Sebelumnya, Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Judha Nugraha, menjelaskan tantangan penyelamatan WNI yang menjadi korban TPPO di lapangan memang tinggi. 

“Mayoritas para WNI berada di Myawaddy, lokasi konflik bersenjata antara militer Myanmar dan kelompok pemberontak,” kata dia.

Sejak krisis keamanan pecah di Myanmar usai kudeta pada 2021, Myawaddy menjadi salah satu titik pertempuran. 

Di sana terdapat kelompok bersenjata Karen National Liberation Army (KNLA) yang bertempur melawan militer setempat yang kini menguasai Myanmar.

Sebagai informasi, Indonesia telah menangani kasus perdagangan manusia hingga 1.841 kasus dalam 3 tahun terakhir.

Kasus online scams di Kamboja pada tahun lalu, Indonesia memulangkan 1.138 WNI korban perdagangan manusia.

Kasus online scams sudah menjadi masalah regional dengan korban berasal dari berbagai negara dan untuk korban Indonesia, tercatat berada di Myanmar, Kamboja, Thailand, Vietnam, Laos dan Filipina. 

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kasus Online Scams, Indonesia Pulangkan 1.841 WNI Korban Perdagangan Manusia”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya