SOLOPOS.COM - Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Yanti Herman (tengah) saat meninjau persiapan protokol kesehatan di Gereja Katedral Jakarta, Rabu (21/12/2022). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan sebanyak 14.641 sarana layanan kesehatan di jalur mudik Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023 melalui kerja sama dengan instansi terkait hingga pemerintah daerah.

“Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2023, sejumlah fasilitas layanan kesehatan telah kami siagakan di seluruh jalur mudik. Total ada sekitar 14.641 sarana kesehatan sudah kami siapkan,” kata Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes, Yanti Herman, di Jakarta, Kamis (22/12/2022).

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Jumlah itu terdiri atas 901 pos kesehatan, 10.321 puskesmas, 3.117 rumah sakit, 51 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 251 Public Safety Center (PSC) 119.

Untuk puskesmas, rumah sakit dan PSC 119 yang berada di jalur utama mudik, katanya, wajib mempersiapkan SDM dan pelayanan selama 24 jam.

Pemerintah memperkirakan akan terjadi lonjakan mobilisasi masyarakat sebesar 16,35% atau setara 44,17 juta orang, sekitar 16,65% atau setara 7,1 juta orang di antaranya bergerak di Jabodetabek.

Baca Juga: Libur Nataru, Objek Wisata Tebing Breksi & Kaliurang Diprediksi Macet

Dengan tingkat mobilisasi masyarakat yang cukup tinggi tersebut, kata dia, dikhawatirkan berpotensi memicu peningkatan kasus Covid-19, dan kasus lain seperti kecelakaan.

“Pandemi belum sepenuhnya berakhir, potensi penularan masih ada, bahkan penularan untuk penyakit infeksi lainnya untuk menekan potensi penularan penyakit,” katanya.

Kemenkes telah berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait agar mengambil langkah untuk mencegah penularan Covid-19.

Pos kesehatan disiapkan di pintu keluar tol, rest area tol, jalur non-tol, jalur penyeberangan, bandara, hingga tempat ibadah yang ramai dikunjungi masyarakat, dan tempat wisata.

Baca Juga: Besok Penumpang KA Nataru Mulai Ramai di Solo, Begini Persiapan BTP Jabagteng

Selain menyiapkan sarana kesehatan tersebut, Kemenkes juga memfasilitasi pelayanan vaksinasi khususnya dosis penguat atau booster, di beberapa pos kesehatan dan Puskesmas.

Di samping itu, promosi kesehatan mengenai pentingnya protokol kesehatan selama libur Natal dan tahun baru juga dilakukan pada setiap pos kesehatan yang didirikan.

Tim Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer diagendakan memantau kesiapan pos kesehatan, beserta sarana dan prasarananya mulai 21 hingga 23 Desember 2022 di jalur pantai utara (Pantura), jalur pantai selatan (pansela) dan jalur Merak-Bakauheni.

“Kunjungan pertama untuk jalur pansela dimulai dari Gereja Katedral Jakarta untuk melihat kesiapan gereja dalam menghadapi ibadah Natal tahun ini,” kata Yanti Herman.

Baca Juga: Jelang Nataru, Pertamina Patra Niaga Jamin Pasokan BBM-Elpiji di DIY Aman

Pastor Kepala Gereja Katedral Jakarta, Albertus Hani Rudi Hartoko, sudah menyiapkan protokol kesehatan secara ketat, selain harus menggunakan masker selama ibadah, sarana hand sanitizer disiapkan di setiap sudut gereja, serta termal scanner di pintu masuk.

Pihak gereja juga sudah memodifikasi air suci yang ditempatkan dalam wadah hand sanitizer, sehingga umat yang beribadah mengambil air suci tidak bersama lagi dalam satu wadah.

Begitu juga khotbah dan doa-doa sudah dikemas dalam bentuk e-book, dan donasi para umat di salurkan ke gereja melalui metode transfer atau QR Code yang sudah disiapkan di setiap tempat duduk gereja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya