SOLOPOS.COM - Dokter spesialis paru RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Enny S. Sardjono (kanan), mengenakan APD lengkap saat akan menangani pasien Covid-19 di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA—PT Permana Putra Mandiri, sebuah perusahaan penyedia alat perlindungan diri atau APD, menggugat wanprestasi mantan Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Budi Sylvana, Kemenkes dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Gugatan wanprestasi yang diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Rabu (23/3/2022) tersebut terkait dengan pemesanan 1.859.800 yang dilakukan oleh Kemenkes dan BNPB untuk kepentingan penanganan pandemi Covid-19.  Dalam petitumnya, PT Permana Putra Mandiri yang diwakili oleh penasihat hukumnya, Donal Fariz, meminta majelis hakim PN Jakarta Selatan mengabulkan gugatan Penggugat untuk seluruhnya.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Pertama, menyatakan  Surat Nomor  KK.02.01/1/460/2020 tertanggal 28 Maret 2020 perihal Surat Pesanan Alat Pelindung Diri (APD) adalah sah dan mempunyai kekuatan hukum sepanjang berkaitan dengan posisi penggugat sebagai senyedia dan tergugat 1 sebagai PPK. Kedua, menyatakan tergugat 1, tergugat 2 dan tergugat 3 telah melakukan ingkar janji atau wanprestasi.

Baca Juga: Tak Hanya Ganjar, Sukarelawan Covid-19 Juga Pakai APD Saat Ikuti Upacara di Madiun

Ketiga, memerintahkan tergugat 1 dan tergugat 2 menyerap sebanyak 1.859.800 APD yang sudah dipesan berdasarkan harga kesepakatan 7 Mei 2020 sebesar Rp294.000 Set/APD atau apabila penyerapan tidak dapat dilakukan, menghukum Tergugat 1 dan Tergugat 2 untuk membayar ganti rugi sebesar Rp546,7 miliar.

Keempat, memerintahkan tergugat 3 untuk mengalokasikan Anggaran Dana Siap Pakai atau alokasi anggaran dengan jenis lainnya dalam rangka menjalankan putusan ini. Kelima, memerintahkan tergugat 2 untuk mengalokasikan anggaran dalam rangka menjalankan putusan ini dalam hal tergugat 3 tidak dapat mengalokasikan anggarannya.

Keenam, menghukum tergugat 1 dan rergugat 2 membayar ganti rugi sejumlah Rp 6,02 miliar atas biaya penyimpanan dan perawatan APD secara tanggung renteng. Ketujuh, menghukum tergugat 1 dan tergugat 2 untuk membayar bunga sebesar 6 persen pertahun dari kerugian yang dialami tergugat secara tanggung renteng terhitung sejak Tergugat 1 dan Tergugat 2 melakukan wanprestasi.

Baca Juga: Murid-Murid SMKN 4 Solo Sekolah Pakai Baju APD Khusus

Kedelapan, menghukum tergugat 1 dan tergugat 2 membayar uang paksa (dwangsom) sebesar Rp10 juta setiap hari apabila tergugat 1 dan tergugat 2 lalai atau tidak melaksanakan isi putusan perkara ini terhitung sejak putusan berkekuatan hukum tetap.

Kesembilan, memerintahkan turut tergugat untuk tunduk dan patuh terhadap putusan ini dan menyatakan Putusan ini dapat dijalankan lebih dahulu meskipun ada perlawanan, banding, kasasi maupun verset (Uitvoerbaar Bij Voorraad).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Pesanan APD Tak Dibayar, Kemenkes dan BNPB Digugat Rp546.7 Miliar!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya