SOLOPOS.COM - Pertemuan Tim Teknis Kemendikbudristek dengan Pimpinan UNS membahas pemilihan Rektor UNS, Jakarta, Senin (9/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nizam bersama Tim Teknis menyepakati dan mengapresiasi langkah tahapan pemilihan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo periode 2024-2029.

Hal tersebut disampaikannya saat mengundang pimpinan UNS yang terdiri atas Rektor, Ketua Senat Akademik (SA), Wakil Rektor, Sekretaris SA, Sekretaris UNS, Ketua Satuan Pengawas Internal (SPI) dan Kepala Kantor Hukum untuk berkoordinasi terkait perkembangan kelembagaan UNS di Lantai 3 Gedung D, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Senin (9/10/2023).

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Nizam hadir dan memimpin rapat koordinasi didampingi oleh Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Tjitjik Sri Tjahjandrie serta tim teknis yang dibentuk oleh Mendikbudirstek guna membantu tugas Menteri selaku pelaksana tugas Majelis Wali Amanat (MWA) UNS.

Rapat koordinasi tersebut membahas pentahapan penataan kelembagaan UNS baik yang telah dan akan dilakukan.

Tim dari UNS menyampaikan jika penataan sudah dimulai dengan pergantian antar waktu untuk Senat Akademik (SA) 2020-2023 pada Juli 2023 yang lalu. Selanjutnya pada September 2023, telah terpilih keanggotaan Senat Akademik (SA) Fakultas dan Sekolah periode 2023-2028 yang akan bertugas Oktober 2023.

Sementara itu untuk keanggotaan Senat Akademik (SA) UNS periode 2023-2028 sudah terpilih dan sedang diajukan kepada Mendikbudristek untuk ditetapkan agar mulai bertugas 20 Oktober 2023.

Tahapan berikutnya adalah memilih Ketua dan Sekretaris Senat Akademik (SA) 2023-2028 serta Ketua dan Sekretaris Komisi Senat Akademik (SA).

“Setelah Senat Akademik (SA) dan perangkatnya terbentuk, tahapan berikutnya adalah pemilihan anggota MWA non ex-officio yaitu terdiri atas tujuh orang wakil dari Senat Akademik (SA), empat orang wakil masyarakat, satu orang wakil tenaga kependidikan, satu orang wakil dari mahasiswa, dan satu orang wakil dari alumni. Pemilihan anggota MWA tersebut dijadwalkan dilakukan pada bulan November-Desember 2023 dan direncanakan anggota MWA akan ditetapkan pada minggu keempat Desember 2023,” jelas Nizam dalam rilis diterima Solopos.com, Selasa (10/10/2023).

Setelah MWA terbentuk, MWA akan menyusun tata cara penyusunan peraturan internal dan menyiapkan regulasi terkait pemilihan Rektor UNS periode 2024-2029, dan diharapkan sudah akan siap pada pekan ketiga Januari 2024.

Sosialisasi Peraturan MWA mengenai pemilihan Rektor direncanakan akan dilakukan pada minggu ketiga Januari 2024 sampai pekan pertama Februari 2024. Proses pemilihan Rektor yaitu penjaringan, penyaringan, pemilihan dan penetapan direncanakan dilaksanakan pada pekan pertama Februari 2024 sampai dengan pekan keempat Maret 2024. Rektor UNS periode 2024-2029 direncanakan dilantik pada April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya