SOLOPOS.COM - janji dan program prabowo gibran Paslon nomor 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Debat Terakhir Capres 2024. (Youtube/KPU RI)

Solopos.com, SOLO — Pakar ilmu politik Universitas Padjadjaran, Caroline Paskarina, mengatakan Jawa Tengah menjadi contoh kuatnya politik berbasis figur terhadap kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di kandang banteng.

Seperti diketahui, Jawa Tengah menjadi salah satu lumbung suara PDI Perjuangan atau disebut sebagai kandang banteng. Namun, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang diusung oleh PDIP justru kalah.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Pilihan terhadap pasangan calon mengindikasikan kuatnya politik berbasis figur,” ujar Caroline saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Dia menilai Presiden Joko Widodo masih cukup berpengaruh di Jawa Tengah. Oleh karena itu, dirinya menuturkan agar kondisi seperti ini menjadi catatan bagi partai politik termasuk PDIP untuk terus melakukan fungsi kaderisasi dan kandidasi agar memunculkan figur-figur yang dikenal dan diterima publik.

“Ini juga menjadi catatan penting bagi partai tentang perlunya dukungan kelembagaan terhadap paslon yang diusungnya,” ujarnya.

Berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara nasional yang digelar di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/3/2024), pasangan Prabowo-Gibran unggul di Jawa Tengah sekitar 12.096.454 suara.

Sementara itu, di urutan kedua terdapat pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md yang memperoleh 7.827.335 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berada di urutan terakhir dengan perolehan 2.866.373 suara.

Di sisi lain, PDIP unggul di delapan dari 10 daerah pemilihan (dapil) di Jawa Tengah. PDI Perjuangan hanya kalah tipis di dua dapil, yakni di Dapil Jateng II dan Dapil Jateng X, yang suaranya direbut oleh Partai Golkar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya