SOLOPOS.COM - Pelatihan Building Information Modelling (BIM) Modeller menggunakan software Tekla yang digelar di kampus ITNY selama enam hari, Senin-Sabtu (3-8/7/2023).

Solopos.com, SOLO — Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan pelatihan Building Information Modeling (BIM) Modeller menggunakan software Tekla.

Pelatihan digelar di kampus ITNY selama enam hari mulai, Senin-Sabtu (3-8/7/2023) dengan diikuti sebanyak 45 mahasiswa Teknik sipil tingkat akhir.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama FTSP dangan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya dengan narasumber Ir. Muhammad Hafiizh Imaaduddiin, MT.

Pada Pelatihan ini juga akan dilakukan uji mendapatkan Sertifikasi BIM Modeller.

Mereka mengaku senang dengan adanya fasilitas pelatihan yang sangat bermanfaat dan gratis tersebut karena seluruh pembiayaan dibiayai oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya.

Informasi penerimaan mahasiswa baru ITNY
Informasi penerimaan mahasiswa baru ITNY. (Istimewa/ITNY)

Dekan FTSP, Dr Ani Tjitra mengatakan pelatihan tersebut sangat dibutuhkan para mahasiswa untuk pengembangan kompetensi diri sekaligus bekal kemampuan analisis sewaktu kerja.

“Saya berharap lulusan Teknik Sipil ITNY jauh lebih matang untuk menghadapi dunia kerja setelah mengantongi sertifikat BIM Modeller. Karena seperti kita ketahui Building Information Modeling (BIM) adalah seperangkat teknologi, proses, kebijakan yang seluruh prosesnya berjalan secara kolaborasi dan integrasi dalam sebuah model digital. Secara gamblang, diterjemahkan sebagai 3D semua unsur dalam gambar bisa memiliki data terkait kuantitas, harga, dan jadwalnya [BIM 5D],” ujar Ani.

Pada pelatihan tersebut, Hafiizh menjelaskan pentingnya bekerja secara kolaborasi, mengoptimalkan produktivitas SDM dan kegiatan proyek secara cepat, tepat, akurat, efektif dan efisien selama proses umur siklus bangunan (building lifecycle).

“Dengan menerapkan BIM ini akan membuat efisiensi yang sangat signifikan dari sisi biaya dan waktu pelaksanaan proyek, karena data desain (pra-konstruksi ) menjadi sangat detail dan akurat,” pungkas Hafiizh kepada Humas ITNY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya