SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis/Dok)

Kurs rupiah hari ini dibuka melemah 15 poin atau 0,11%.

Solopos.com, JAKARTA — Pergerakan nilai tukar rupiah dibuka melemah 0,11% atau 15 poin ke Rp13.458/US$ pada perdagangan hari ini, Rabu (23/11/2016).

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Rupiah ditutup melemah pada perdagangan Selasa (22/11/2016). Rupiah ditutup terdepresiasi 37 poin atau 0,28% ke level Rp13.443/US$ setelah diperdagangkan pada kisaran  Rp13.380 – Rp13.460/US$.

Rupiah menghadapi sejumlah sentimen penekan pada hari ini. Analis menyebutkan pemeriksaan Ahok, rencana aksi demo pada 2 Desember 2016, dan menunggu catatan rapat Federal reserve pada Kamis dini hari WIB disorot pasar uang.

Sementara itu, Indeks Dolar Amerika Serikat pada penutupan perdagangan Selasa atau Rabu pagi WIB berhasil untuk mengendalikan pelemahannya, sehingga berakhir hanya melemah tipis.

Indeks dolar AS pada perdagangan Selasa ditutup melemah 0,01% ke level 101,04. Padahal dalam pergerakannya, indeks dolar AS sempat tertekan cukup dalam hingga terlempar ke level 100.

Sepanjang perdagangan Selasa, indeks dolar AS bergerak di kisaran 100,65-101,32. Dolar berfluktuasi terhadap sejumlah mata uang utama pada perdagangan Selasa.

Sentimen penggerak utama masih terkait potensi Federal Reserve menaikkan suku bunganya pada pertemuan 14 Desember 2016. Sentimen lainnya, spekulasi kebijakan ekonomi presiden terpilih AS Donald Trump yang akan memicu inflasi.

Diprediksi dolar kemungkinan akan kehabisan tenaga pada awal tahun depan, karena diperkirakan Fed sedikit mengerem dan akan membuat langkah kebijakannya secara bertahap terkait suku bunga.

“Dolar melesat setelah kemenangan Donald Trump, dan reli ke awal 2017. Setelah itu, greenback bisa melemah,” kata Ekonom CIBC World Markets, Royce Mendes, seperti dikutip Bloomberg, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya