SOLOPOS.COM - ilustrasi

 

RIYADH-Nasib tragis harus dialami Reham Hakami, seorang gadis berusia 12 tahun, warga Arab Saudi. Alih-alih menyembuhkan sakit punggung, dirinya justru positif terinfeksi HIV, setelah mendapat transfusi darah di rumah sakit umum Jazan.

Informasi yang didapatkan menyatakan, Hakami awalnya mengeluh kepada keluarganya, setelah punggungnya mengalami sakit. Oleh keluarga, dirinya dibawa ke rumah sakit umum Jazan untuk mendapatkan perawatan.

Namun alangkah terkejut, setelah keluar dari rumah sakit. Hakami harus kembali dijemput ambulans rumah sakit tersebut untuk melakukan tes darah. Alhasil, dirinya dinyatakan positif HIV karena transfusi darah, seperti dikutip dari Alarabiya.net, Selasa (19/2/2013).

Keluarga Hakami, yang telah melakukan kontak dengan sejumlah aktivis melalui media lokal dan jaringan sosial menerima kabar bahwa dia akan dipindahkan ke Rumah Sakit King Faisal di Riyadh untuk pengobatan.

Menteri Kesehatan Abdullah al-Rabeah mengunjungi gadis itu pada hari Sabtu, dan menjanjikan penyelidikan menyeluruh. Dia memberinya iPad sebagai hadiah dari pelayanannya.

Penyelidikan awal menyebutkan kepala rumah sakit, bersama dengan para pejabat dan dokter yang terlibat, termasuk orang-orang yang melakukan transfusi darah dipecat.

Kementerian itu mengatakan pihaknya mengirimkan hasil penyelidikan itu ke pengadilan untuk tanggung jawab perdata dan pidana yang akan diambil terhadap individu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya