SOLOPOS.COM - Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti (JIBI/Solopos/Antara/Vitalis Yogi Trisna)

Kelangkaan daging sapi ditengarai disebabkan karena permainan harga yang dilakukan kartel.

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti mengendus ada kartel yang bermain di balik melonjaknya harga dan kelangkaan daging sapi. Mereka diduga sengaja mengatur harga daging sapi agar pemerintah mau membuka keran impor.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

“Memang ada usaha-usaha agar supaya kita ketergantungan pada impor. Nah, itu, pengkondisian-pengkondisian semacam itu, ada pelanggaran-pelanggarannya,” kata Badrodin Haiti di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Karena itu, Badrodin Haiti mengatakan Polri segera menelusuri siapa saja pihak yang menciptakan kondisi tersebut. Selain itu, Badrodin melihat praktik demikian tak hanya ada di komoditas daging, tapi komoditas pokok lainnya.

“Mulai dari beras, kedelai, jagung, garam, daging. Semua kita akan tangani. Tetapi semua produk impor yang diduga ada penyimpangan, itu pasti kita lakukan penyelidikan,” katanya.

Badrodin Haiti mengatakan modus yang digunakan para kartel adalah dengan memainkan harga barang. Ketika harga barang produksi dalam negeri turun dan masyarakat tak mau memproduksi, maka di situlah kartel bermain.

Dia mencotohkan ada salah satu produk yang saat panen justru diimpor. Dengan demikian, harga komoditas dalam negeri turun sehingga masyarakat enggan memproduksinya.

“Nah, setelah masyarakat tidak mau memproduksi itu, barulah dia ngatur. Harganya diatur, produksinya diatur, nah ini yang tidak boleh. Pasti ada permainan antara penentu kebijakan, masalah perizinannya, dan lain-lain,” kata mantan Kapolda Sulteng itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya