SOLOPOS.COM - JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu AMANKAN TKP - Petugas Polresta Solo mengamankan TKP kebakaran Ruko di Jl KH Ahmad Dahlan, Keprabon, Solo, Rabu (22/2/2012). Petugas mengamankan sebelum TKP diperiksa tim Laboratorium Forensik Polri Polda Jateng

JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu AMANKAN TKP - Petugas Polresta Solo mengamankan TKP kebakaran Ruko di Jl KH Ahmad Dahlan, Keprabon, Solo, Rabu (22/2/2012). Petugas mengamankan sebelum TKP diperiksa tim Laboratorium Forensik Polri Polda Jateng

SOLO-Pihak kepolisian terus menyelidiki penyebab kebakaran hebat yang melalap empat rumah toko (ruko) mainan anak-anak, Sumber Jaya Toys, di Jl KH Ahmad Dahlan No 60, Keprabon, Banjarsari, Solo, Selasa (21/2). Jika ditemukan unsur kesengajaan dalam peristiwa kebakaran tersebut, maka pihak kepolisian akan memroses secara hukum.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Kami hingga saat ini belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Untuk mengetahui kepastian itu, kami harus menunggu hasil tim laboratorium forensik (Labfor) cabang Semarang untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP),” papar Kasat Reskrim, Kompol Edy Suranta Sitepu, mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Asjima’in, saat ditemui wartawan, di Mapolresta Solo, Rabu (22/2/2012).

Menurut Edy, tim Labfor cabang Semarang akan datang ke lokasi kejadian pada Kamis (24/2) pagi. “Jadi tidak bisa kami paparkan hasilnya saat ini,” tutur Edy.

Secara keseluruhan, kata Edy, percikan api dapat padam pada Rabu sekitar pukul 06.00 WIB. Bahkan, di sekitar lokasi masih terasa hawa panas akibat sisa kebakaran tersebut. “Itulah sebabnya, kami masih sebatas memasang garis polisi. Agar saat dilakukan olah TKP masih dalam keadaan asli, belum tersentuh orang lain,” papar Edy.

Untuk mengamankan hal-hal yang tidak diinginkan, sambung Edy, pihak kepolisian terus berjaga di sekitar lokasi kebakaran. Sampai saat ini, pengelola ruko dan lima orang saksi telah diperiksa untuk mengetahui asal mula percikan api tersebut. “Kami telah memeriksa sejumlah karyawan yang mengetahui tentang kejadian tersebut,” kata mantan Kasat Reskrim Polres Klaten ini.

Dari keterangan sejumlah saksi, menurut Edy, ada dugaan yang mengatakan penyebab kebakaran bermula dari korslet kabel yang tersambung dengan aliran listrik pada alat komunikasi di lantai III gedung tersebut. “Adapula yang mendengar suara letupan kecil. Semua dugaan dari saksi tetap kami tampung. Namun kebenarannya belum bisa dipastikan,” papar Edy.

Edy tidak segan-segan untuk menindak melalui proses hukum jika kebakaran itu terdapat unsur kesengajaan guna mendapatkan klaim dari pihak asuransi. “Kami masih terus lakukan penyelidikan apabila ada tindak kriminalitas dengan sengaja membakar gedung tersebut,” tegas Edi.

Seperti diberitakan, kebakaran hebat menimpa rumah toko (ruko) mainan anak-anak, Sumber Jaya Toys, di Jl KH Ahmad Dahlan No 60, Blok D dan E, Banjarsari, Solo, Selasa (21/2) sekitar pukul 13.30 WIB. Dugaan sementara, api berasal dari hubungan arus pendek (korsleting) listrik. Kerugian akibat peristiwa itu belum bisa dipastikan. Namun diperkirakan mencapai miliar rupiah rupiah. JIBI/SOLOPOS/Muhammad Khamdi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya